Rabu 09 Dec 2015 13:30 WIB

Toto Tasmara Mengader Anak Muda untuk Berdakwah

Rep: c27/ Red: Andi Nur Aminah
 Pemakaman jenazah almarhum Ustaz Toto Tasmara di Pemakaman Tanah Kusir Blok B 15, Jakarta Selatan Rabu (9/12). (foto : MgROL_54)
Pemakaman jenazah almarhum Ustaz Toto Tasmara di Pemakaman Tanah Kusir Blok B 15, Jakarta Selatan Rabu (9/12). (foto : MgROL_54)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sosok Almarhum Ustaz Toto Tasmara menaruh kesan-kesan terbaik bagi kerabat-kerabat dekatnya, termasuk mantan ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva. Di mata Hamdan Zoelva, Toto merupakan seorang yang selalu memikirkan umat. 

"Memikirkannya cuma satu, bagaimana membina umat, mengader anak muda untuk berdakwah," ujar Hamdan di rumah duka Puri Flamboyan Rempoa, Tangerang Selatan, Rabu (9/12).

Hamdan mengaku, mengenal almarhum sejak era reformasi akan bergulir. Dia menilai Toto sebagai sosok luar biasa dan individu yang sulit ditemui. "Umat Islam akan sangat kehilangan," katanya. 

(Baca Juga: Hampir Separuh Hidup Toto Tasmara Dicurahkan di Dunia Dakwah).

Hamdan mengatakan, almarhum dapat dikatakan sebagai pengabdi umat. Tidak ada hari tanpa kepentingan umat yang dipikirkannya. "Jadi, apa-apa aja dilakukan untuk umat," kata Hamdan.

Satu hal yang masih mengganjal di hati Hamdan hingga kepergian Ustaz Toto adalah utang janji yang belum dituntaskannya. Dia meneceritakan, setiap kali bertemu almarhum, dia selalu diajak untuk mengunjungi pesantren milik almarhum yang berada diperbatasan Bogor-Sumedang.

"Saya sampai sekarang ini belum melaksanakan utang itu dan pergi ke pondok milik Beliau di Sukabumi," katanya. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement