Selasa 08 Dec 2015 16:49 WIB

PCIM Jerman Raya Bertekad Promosikan Islam Damai

Pengurus PCIM Jerman Raya berfoto bersama.
Foto: dok pcim jerman
Pengurus PCIM Jerman Raya berfoto bersama.

REPUBLIKA.CO.ID, FRANKFURT -- Pimpinan Cabang Muhammadiyah Istimewa (PCIM) Jerman Raya sukses menyelenggarakan Musyawarah Cabang Istimewa (Musycabis),  Ahad (6/12) lalu, di Masjid Indonesia Frankfurt.

Musycabis yang dihadiri sekitar 20 peserta itu memiliki agenda utama memilih pengurus baru serta menyusun program kerja periode 2015-2017. Acara yang berlangsung sederhana itu dimulai pada jam 10.45 waktu Jerman dengan acara pembukaan, tilawatil Quran oleh Khanif Rifqi, prakata panitia lokal oleh Mudzakir dan sambutan PCIM Jerman Raya oleh Ridho Al-Hamdi.

Dalam sambutannya, Ketua PCIM Jerman Raya Ridho Al-Hamdi mengatakan, ada sejumlah hal penting tetang keberadaan Muhammadiyah di Jerman Raya ini. Pertama, kata dia, PCIM bisa mensyiarkan ajaran Islam yg rahmatan lil alamin di Eropa di saat imaje Islam sedang buruk di mata Barat.

"Kedua, kita melakukan rekruitmen warga dan simpatisan Indonesia yg berafiliasi ke Muhammadiyah serta orang lokal Jerman unt bergabung dengan persyarikatan ini," ungkap Ridho.

Ketiga, lanjut dia, sebagaimana pesan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Dr Haedar Nashir kepada PCIM Jerman Raya bahwa khusus untuk PCIM diutamakan paguyubannya daripada organisasinya agar dapat menghimpun anggota sebanyak-banyaknya. "Tentu ini tidak mudah, tetapi kita hanya butuh kerja sama dan kegotongroyongan antarsesama anggota," tambah Ridho.

Dalam pembahasan program dan isu-isu aktual, PCIM Jerman Raya juga menggarisbawahi perlunya mempromosikan Islam yang berwajah damai dan toleran terhadap siapa saja. "Kita akan senantiasa mempromosikan Islam yang damai dan terorisme itu bukan bagian dari Islam," ungkap Mudzakir, pengurus PCIM Jerman Raya yang juga salah satu petinggi di KJRI Frankfurt. Karena itulah, dalam forum itu PCIM Jerman Raya menyampaikan pesan, "From Frankfurt with Love".

Dalam Musycab tersebut, Ridho Al-Hamdi terpilih sebagai Ketua PCIM Jerman Raya. Ridho adalah mahasiswa doktor Bidang Ilmu Politik di TU Dortmund yang berinisiatif untuk 'menghidupkan' kembali PCIM Jerman Raya. Terpilih juga dalam musyawarah tersebut yaitu sekretaris, bendahara, koordinator bidang sosial budaya dan seni, bidang kajian dan dakwah Islam, serta bidang IT dan publikasi.

Bidang-bidang tersebut disesuaikan dengan program kerja PCIM dalam dua tahun kedepan. Koordinator wilayah dipilih dengan salah satu tugas utamanya adalah menidentifikasi dan mengkoordinir anggota muhammadiyah di tiap wilayah negara bagian dan juga beberapa negara di sekitar jerman.

Berikut pengurus PCIM Jerman Raya periode 2015-2017:

PELINDUNG:

Dubes RI di Berlin

Konsulat KJRI Frankfurt

Konsulat KJRI Hamburg

KETUA: Ridho Al-Hamdi

SEKRETARIS: Hamzah Hasyim

SEKRETARIS: Andri Hutari

BENDAHARA: Diyah Nahdiyati

BIDANG-BIDANG

Bidang Seni Budaya dan Olahraga

Ketua: Joko Suseno

Bidang Kajian dan Dakwah Islam

Ketua: Zahraini Yumna

Anggota: Septi Panca Sakti

Jamal Habibie

Bidang IT dan Publikasi

Ketua: Adi Nur Cahyono

Anggota: Chatila Maharani

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement