Jumat 30 Oct 2015 08:01 WIB

Masjid Cheng Ho Malang akan Didanai Swadaya Umat

 Warga melintas di depan Masjid Cheng Ho di Surabaya, Jawa Timur, Senin (29/6).  (Antara/Zabur Karuru)
Warga melintas di depan Masjid Cheng Ho di Surabaya, Jawa Timur, Senin (29/6). (Antara/Zabur Karuru)

REPUBLIKA.CO.ID,MALANG -- Pembangunan Masjid Cheng Ho di Malang, Jawa Timur tanpa menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Umat Muslim setempat secara swadaya mengumpulkan dana.

“Ada sekitar 15 item fasilitas umum yang akan dibangun di area Islamic Center dengan anggaran hampir Rp100 miliar, namun khusus untuk Masjid Cheng Ho tidak menggunakan dana APBD, melainkan dana dari umat,” kata  Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Pengawasan Bangunan (DPUPPB) Kota Malang Jarot Edi Sulistyono, Jumat (30/10).

Jarot mengatakan pembangunan Islamic Center dengan dana hampir Rp100 miliar selama tiga tahun itu nanti diharapkan bisa multifungsi. Selain sebagai tempat ibadah juga untuk tujuan pariwisata relegi karena ada ikon khusus masjid yang bisa jadi daya tarik.

Sementara, pembangunan Islamic Center yang berada di dalam kompleks masjid tersebut mulai dianggarkan dalam APBD 2016 Rp30 miliar dan tahun-tahun selanjutnya dana yang dianggarkan juga hampir sama.

Dana hampir Rp100 miliar dipakai untuk membangun gedung pertemuan, asrama haji, ruang pelatihan, serta bangunan pendukung lainnya.

Sedangkan, bangunan masjid akan menghabiskan dana sekitar Rp 115 miliar tanpa menggunakan APBD sama sekali. Sedangkan arsitektur masjid yang bakal mengadopsi Masjid Cheng Ho tersebut, katanya, hingga saat ini masih dalam proses pembahasan.

“Karena masjid tersebut untuk umat, Wali Kota Malang Moch Anton akan menggali dana dari umat,” imbuh Jarot.

Ia mengatakan, salah satu sumber dana yang bakal dimaksimalkan adalah dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

Oleh karena itu, Pemkot Malang akan membentuk panitia untuk pembangunan Masjid Cheng Ho di area Islamic Center tersebut.Dana yang dikumpulkan dari masyarakat, lanjutnya, harus bisa dipertanggungjawabkan.

Islamic Center dibangun di Kecamatan Kedungkandang dan berdekatan dengan Gelanggang Olah Raga Ken Arok itu diperkirakan akan membutuhkan lahan sekitar 5,5 hektare yang merupakan aset Pemkot Malang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement