Kamis 29 Oct 2015 10:06 WIB

Negara OKI akan Bahas Tiga Masalah Ketenagakerjaan

Rep: c 16/ Red: Indah Wulandari
Organisasi Kerja Sama Islam (OIC).
Organisasi Kerja Sama Islam (OIC).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- The 3rd Islamic Conference Labour Minister (ICLM) atau Konferensi Tingkat Menteri Tenaga Kerja Organisasi Kerjasama Islam (OKI) ke-3 akan membahas isu-isu global di bidang ketenagakerjaan.

Menurut Kepala Biro Kerjasama Luar Negeri (KLN) Kementerian Ketenagakerjaan Indah Anggoro Putri terdapat tiga isu pokok yang akan dibahas, yaitu Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), tenaga kerja muda serta perlindungan sosial.

“Hampir semua negara Islam sangat fokus kepada implementasi kesehatan keelamatan kerja dalam rangka meningkatkan produktivitas tenaga kerja dan produktivitas negara,” kata Indah, Rabu (28/10).

Indah mengatakan, implementasi K3 yang sudah digalangkan Indonesia hingga saat di Kementerian Ketenagakerjaan, khususnya di Dirjen Pengawasan menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa negara, contohnya  Turki.

Turki, menurut Indah,  tertarik dengan komitmen dan program konkrit Indonesia  dalam mengimplementasikan K3. Arab Saudi juga memberikan dukungan penuh kepada Indonesia untuk mempromosikan K3 sebagai salah satu alat meningkatkan produktivitas tenaga kerja bangsa.

Sementara, dalam pembahasan  isu tenaga kerja muda, Indonesia sudah mempersiapkan usulan untuk promosi program pemagangan bagi tenaga kerja muda dalam rangka meningkatkan kompetensi pemuda-pemuda dalam memasuki dunia kerja. Program pemagangan ini dimaksudkan agar tenaga kerja muda lebih siap memasuki dunia kerja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement