Selasa 20 Oct 2015 16:34 WIB

Tutty Alawiyah: Mutu Pendidikan Guru Madrasah Harus Ditingkatkan

Rep: Marniati/ Red: Indah Wulandari
Pelatihan kurikulum dapat meningkatkan mutu sekolah Islam dan madrasah.
Foto: Irwan Kelana/Republika
Pelatihan kurikulum dapat meningkatkan mutu sekolah Islam dan madrasah.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pengamat pendidikan Islam Tutty Alawiyah menilai rendahnya kualitas pendidikan Indonesia disebabkan oleh mutu atau kualitas guru yang juga rendah. Untuk itu, diperlukan program peningkatan kompetensi guru agar guru Indonesia mampu bersaing dengan negara lain.

"Peningkatan mutu pendidikan guru ini harus dilakukan baik untuk sekolah umum atau madrasah. Sehingga kualitas pendidikan kita akan meningkat," ujar Tutty Alawiyah kepada Republika.co.id, Selasa (20/10).

Ia menjelaskan, rendahnya mutu atau kualitas guru disebabkan karena keengganan guru untuk menambah wawasannya. Guru, dinilainya seringkali merasa cukup dengan ilmu yang dimiliki sehingga tidak ingin untuk meningkatkan kemampuannya.

“Kementerian Agama dan Kemendikbud harus  memberikan pelatihan atau workshop untuk meningkatkan mutu pendidikan guru madrasah dan sekolah,” jelas Tutty.

Program peningkatan mutu dan kualitas guru ini juga harus menyasar guru yang masih berstatus swasta. Lantaran masih banyak madrasah berstatus swasta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement