Jumat 25 Sep 2015 11:20 WIB
Idul Adha

Gara-Gara Boko Haram, Muslim Nigeria Beli Hewan Kurban dari Negara Jiran

Rep: c 27/ Red: Indah Wulandari
Muslim Nigeria
Muslim Nigeria

REPUBLIKA.CO.ID,LAGOS -- Mengakali harga hewan kurban yang naik, Muslim Nigeria melintasi perbatasan negara untuk membeli hewan kurban. Negara tetangga, Republik Benin menawarkan harga yang lebih rendah dibandingkan harga pasaran hewan kurban di Nigeria.

"Bagaimana saya membeli seekor domba jantan  yang terlalu mahal?  Jadi, saya memutuskan untuk pergi dekat dengan daerah perbatasan dekat Benin Republik mana non-Nigeria menjual sendiri,” ungkap Abdulwaheed Oyekunle, seorang warga Nigeria dikutip dari Onislam, Jumat (25/9).

Ia menambahkan bahwa penjual hewan yang berasal dari luar Nigeria sering terintimidasi oleh tengkulak Nigeria yang memprotes kegiatan mereka sebagai hal yang merugikan ekonomi lokal. Selain itu, sebagian penjual asing itu tidak memeiliki surat-surat yang sesuai untuk melintasi perbatasan.

Harga hewan kurban yang cukup tinggi di Nigeria juga dipengaruhi dari krisis keamanan yang disebabkan oleh serangan Boko Haram. Banyak petani dan peternak yang akhirnya memeutuskan untuk mengungsi sehingga berdampak pada kebutuhan pemenuhan hewan kurban pada saat Idul Adha.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement