Ahad 02 Aug 2015 17:33 WIB

PT Muhammadiyah Harus Lahirkan Cendekiawan Muslim

Rep: marniati/ Red: Damanhuri Zuhri
masjid di Kampus Universitas Muhammadiyah Malang - kampus UMM
Foto: Republika/Nico Kurniajati
masjid di Kampus Universitas Muhammadiyah Malang - kampus UMM

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Muhammadiyah sebagai salah satu ormas yang memiliki jumlah lembaga pendidikan dan perguruan tinggi yang banyak di Indonesia, harus mampu melahirkan cendekiawan muslim.

Pengamat pendidikan Islam, Prof Dr KH Didin Hafidhuddin mengatakan cendekiwan muslim yang dilahirkan haruslah berpihak pada umat dan mampu memberikan solusi untuk masalah bangsa dan umat.

"Secara kuantitas jumlah perguruan tinggi Muhammadiyah banyak, tersebar di seluruh Indonesia. Untuk itu harus mampu melahirkan cendekiawan muslim," ujar Didin Hafidhuddin kepada Republika, Ahad (2/8).

Untuk mewujudkan hal tersebut, Muhammadiyah harus meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan instansi perguruan tinggi tersebut. Ini dikarenakan tidak semua perguruan tinggi dan lembaga pendidikan yang dimiliki Muhammadiyah mempunyai kualitas dan mutu yang bagus.

Hanya beberapa perguruan tinggi saja yang memiliki kualitas  SDM dan infrastruktur yang terakreditasi. Seperti Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Untuk itu, pemerataan peningkatan kualitas sangat diperlukan. Sehingga seluruh lembaga pendidikan yang dimiliki Muhammadiyah memiliki kualitas dan infrastruktur yang terakreditas.

Dengan demikian, sambung kiai Didin, untuk masa yang akan mendatang, lembaga pendidikan yang dimiliki Muhammadiyah dapat memberi manfaat yang lebih besar bagi umat dan bangsa Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement