Ahad 09 Nov 2014 00:00 WIB

KH Arifin Ilham: Mu’min adalah Saudara Mu’min Lainnya

Ust Muhammad Arifin Ilham
Foto: REPUBLIKA
Ust Muhammad Arifin Ilham

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pegiat dakwah, KH Arifin Ilham mengingatkan Umat Islam bahwa seorang mu’min adalah saudara bagi mu’min lainnya. Hal itu dituliskannya dalam laman facebook milik pendiri dan ketum Majlis Dzikir Azzikra yang berpusat di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (8/11).

Mengawali tulisannya, Arifin mengutip sebuah hadits, "Almu'minu miratul mu'min, seorang mu'min adalah cermin bagi mu'min lainnya (HR Abu Daud & Al Bukhori).”

Seorang mu’min harus menjadi penopang dari ketidakberdayaannya, menjadi motivator dibelakangnya.

Yahya ibnu Muadz al Rizqi berkata, berikan tiga hal yang menjadi hak saudara mu'min. Pertama, jika tidak mampu memberi manfaat untuknya, jangan pernah mencelakakannya.

Kedua , jika tidak mampu membahagiakannya, jangan membuatnya bersedih

Ketiga, jika tidak mampu memujinya karena kemuliaan akhlak, jangan pernah mencela dengan mempergunjingnya. “Karena itu sayangilah semua mu'min dan rendah hatilah pada mereka, sahabatku,” ujar Arifin. Hal itu juga merupakan firman Allah yang tertuang dalam asy Syuara:215.

"Allahumma ya Allah jadikanlah kami bersaudara karenamu, saling cinta, saling memperhatikan, saling menasehati, saling doa, saling tolong menolong karenamu.

“Abang malam ini masih di kabupaten Kayong Utara Kalimantan Barat setelah tadi pagi di kabupaten Mampawah. Jangan lupa sebelum rehat malam ini berwudhu, berdoa, berzikir sampai tertidur dan berazam untuk sholat malam, duhai sahabat sahabat sholehku.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement