Rabu 24 Sep 2014 20:01 WIB

Pemerintah Tetapkan Idul Adha 5 Oktober

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Mansyur Faqih
Wakil Menteri Agama, Nasarudin Umar
Foto: Republika/Adhi W
Wakil Menteri Agama, Nasarudin Umar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah telah melakukan sidang itsbat untuk menetapkan jatuhnya bulan baru atau 1 Dzulhijah tahun 1435 Hijriyah. Pemerintah secara resmi menetapkan 1 Dzulhijah jatuh pada 26 September.

"Menetapkan 1 Dzulhijah 1435 H jatuh pada hari Jumat 26 September 2014. Dengan demikian 10 Dzulhijah bertepatan dengan 5 Oktober 2014 Masehi," kata Wakil Menteri Agama Nasaruddin Umar di kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Rabu (24/9).

Baca Juga

Sidang itsbat digelar secara tertutup seperti sidang itsbat penentuan 1 Syawal atau Hari Raya Idul Fitri dua bulan yang lalu. Semua organisasi masyarakat (ormas) Islam juga dilibatkan dalam sidang tersebut untuk mendengar pendapat masing-masing dari mereka.

Dalam sidang tersebut juga dihadiri oleh ahli astronomi yang memaparkan pandangannya dalam aspek keilmuan yang ditekuninya. Sehingga, selain menggunakan metode rukyatul hilal, penentuan 1 Dzulhijah telah ditinjau dari berbagai aspek keilmuan.

Teknis penetapan 1 Dzulhijah dilakukan kemenag dengan berkerja sama dengan seluruh kantor wilayah dalam pemantauan hilal dengan metode rukyat. Rukyat dilakukan di 70 titik di seluruh provinsi yang ada di Indonesia.

 

Ikuti informasi terkini seputar sepak bola klik di sini

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement