Sabtu 17 May 2014 21:15 WIB

Seleksi Masuk Insan Cendekia Dijamin Bebas Intervensi

Rep: c78/ Red: Didi Purwadi
MAN Insan Cendekia Serpong
Foto: Republika/Agung Supri
MAN Insan Cendekia Serpong

REPUBLIKA.CO.ID, SERPONG -- Proses seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PDBB) Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) tahun ajaran 2014/2015 dimulai pada Sabtu (17/5).

Sebanyak 3.663 peserta yang berasal dari pondok pesantren, murid madrasah tsanawiyah negeri dan swasta, serta murid sekolah menengah pertama (SMP) negeri maupun swasta se-Indonesia siap menempuh proses seleksi yang berlangsung sejak pukul tujuh pagi hingga pukul lima sore.

Materi seleksi berupa Tes Potensi Belajar (TPB) serta tes akademik meliputi mata pelajaran Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab.

Sebelumnya, para peserta tersebut telah melewati proses seleksi berkas yang diikuti oleh 5.321 siswa. Tiga ribu peserta ini akan melewati tahap seleksi ketat karena MAN IC hanya akan menerima 360 siswa saja.

 

Para peserta didik yang lolos seleksi akan disekolahkan dengan beasiswa penuh dari mulai pembiayaan akademik dan biaya hidup sehari-hari di tiga MAN IC yang berada di Serpong, Gorontalo dan Jambi.

“Semoga saja lolos seleksi,” kata salah seorang peserta asal Bogor Zahra Yazid. Pernyataannya itu mewakili harapan semua peserta. Sebab diterima di MAN IC setelah menempuh proses seleksi ketat merupakan suatu prestasi yang membanggakan.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama merangkap Sekretaris Jenderal  (Sekjen) Kemenag, Nur Syam, memastikan proses seleksi akan sama seperti tahun-tahun sebelumnya. “Saya jamin masih bersih dan objektif,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement