Senin 17 Sep 2012 23:40 WIB

Selama Musim Haji, Bandara BIM Beroperasi 24 Jam

Bandara Internasional Minangkabau (BIM).
Foto: meshalre.wordpress.com
Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

REPUBLIKA.CO.ID,PADANG--PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Padangpariaman akan mengoperasikan bandara selama 24 jam saat musim pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji 2012.

Menurut General Manager Angkasa Pura II Agus Kemal Pramayudha di Padang, Senin, sejak Juli 2012 bandara beroperasi pukul 06.00-24.00 WIB dan pada musim haji terjadi peningkatan intensitas penerbangan yang cukup tinggi sehingga dioperasikan 24 jam.

Oleh sebab itu, untuk proses keberangkatan dan kepulangan jamaah haji telah disiapkan tim untuk mendukung beroperasinya bandara selama 24 jam, kata dia.

Ia menyebutkan, saat ini setiap hari BIM melayani 48 penerbangan reguler dan pada musim haji untuk embarkasi Padang terdapat 20 penerbangan khusus haji.

 

Tidak hanya itu, pada musim haji tahun ini BIM juga melayani pesawat haji yang transit mengisi bahan bakar dari embarkasi Makassar sebanyak 44 pesawat dan embarkasi Solo 94 pesawat.

Mengingat begitu padatnya pergerakan pesawat, Agus mengatakan pihaknya akan berupaya dengan optimal untuk melayani semua penerbangan baik reguler maupun haji agar tepat waktu dan berjalan lancar.

Ia memastikan kendati penerbangan haji cukup padat, tidak akan menganggu penerbangan reguler, karena jika mengalami keterlambatan akan menyebakan maskapai harus memberikan kompensasi kepada penumpang.

Selain itu Angkasa Pura II juga telah berkoordinasi dengan Pertamina untuk memastikan persediaan bahan bakar pesawat mencukupi untuk memenuhi semua maskapai yang melakukan pengisian bahan bakar.

Sementara kloter I embarkasi Padang dijadwalkan akan masuk asrama pada 20 September dan akan dilepas langung keberangkatannya oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Kloter I dijadwalkan berangkat 21 September pukul 11.15 WIB dari BIM dengan jumlah jamaah sebanyak 369 orang.

Kloter pertama berasal dari Kabupaten Pasaman Barat dan Kota Padang. Total calon jamaah haji yang berangkat melalui embarkasi Padang sebanyk 7.443 terdiri dalam 20 kloter, masing-masing 4.498 orang berasal dari Sumatera barat, 1.614 orang dari Bengkulu dan Jambi 1.231 orang.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement