Rabu 06 Nov 2013 11:38 WIB

Turki Bangun Masjid Bawah Tanah Pertama di Dunia

Masjid Sancaklar, Byukucekmece, Istanbul, Turki
Foto: onislam.net
Masjid Sancaklar, Byukucekmece, Istanbul, Turki

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Pemerintah Turki membangun masjid bawah tanah pertama di Buyukcekmece, Istanbul. Bangunan ini, merupakan implementasi dari sayembara Architecture Fest competition yang dimenangkan arsitek Turki, Emre Arolat.

"Masjid merupakan tempat merenung dan berdoa. Masjid adalah cabang dari Ka'bah " ungkap Mehmet Narin, Mufti Buyukcekmece, seperti dilansir World Buletin, Rabu (6/11).

Masjid tanpa menara ini terinspirasi dari Gua Hira, tempat Rasulullah Saw menerima wahyu pertama. Masjid ini terletak di 1.200 meter persegi di bawah tanah. Yang menarik, penerangannya terbantu sinar matahari.

Masjid Sancaklar, demikian nama masjid bawah tanah itu, memiliki ruang ibadah yang luas. Kapasitas ruang ibadah tersebut mampu menampung 650 jamaah.

"Arsitek membangun masjid ini merancang bangunan dengan harapan mengembalikan gaya desain yang fokus pada esensi ruang agama," kata kata Arolat.

Masjid ini dibangun Mei 2011. Menurut rencana, masjid ini akan dibuka beberapa pekan mendatang. Turki memiliki ribuan masjid, yang paling terkenal di antaranya adalah Masjid Biru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement