Rabu 02 Jan 2013 22:43 WIB

Majalah Prancis Penerbit Ilustrasi Nabi Dihujani Kecaman

Surat Kabar Charlie Hebdo
Foto: algerie360.com
Surat Kabar Charlie Hebdo

REPUBLIKA.CO.ID, Majalah satir Prancis, Charlie Hebdo kembali merilis komik berilustrasi yang menceritakan kehidupan Nabi Muhammad SAW.

Sebelumnya, kantor Charlie Hebdo menjadi sasaran amuk massa ketika merilis menerbitkan kartun Nabi Muhammad September lalu. Dikutip dari Aljazeera, majalah mingguan ini pada Rabu (2/1) menerbitkan menerbitkan edisi 64-halaman khusus lengkap dengan ilustrasi yang bercerita tentang kehidupan Rasulullah.

Ilustrator buku Stephane Charbonnier mengungkapkan, publikasi buku berjudul The Life of Muhammad, adalah karya biografi yang telah melakukan penelitian dan disusun oleh seorang sosiolog.

Majalah Charlie Hebdo memang telah beberapa kali menerbitkan versi kartun nabi Muhammad dengan dalih kebebasan berbicara. Tapi, langkah majalah ini selalu mendapat kecaman dari komunitas Muslim.

Staf Senior Perdana Menteri Turki, Ibrahim Kalin mengungkapkan, ilustrasi terhadap penggambaran Rasulullah yang dilakukan Charlie Hebdo adalah provokasi bagi kaum Muslim dunia.

"Mentransformasikan Nabi Muhammad ke dalam bentuk ilustrasi adalah jelas sebuah kesalahan," ujar Kalin dalam akun Twitternya. 

Juru bicara Pemerintah Prancis Najat Vallaud-Belkacem, juga menghimbau Charlie Hebdo agar tidak lagi memicu kemarahan masyarakat Muslim. "Jangan menyiram minyak tanah kepada api," sarannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement