Selasa 03 Apr 2012 13:28 WIB

Alhamdulillah, Masjid Bersejarah Mehmet Passa Direnovasi

Rep: Agung Sasongko/ Red: Hafidz Muftisany
Masjid Sokollu Mehmet Passa
Foto: wowturkey.com
Masjid Sokollu Mehmet Passa

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL--Masjid Sokollu Mehmet Passa yang bersejarah bakal direnovasi. Sebelumnya, rencana renovasi masjid yang dibangun tahun 1578 ini tertunda lantaran ketiadaan dana akibat krisis ekonomi yang melanda Turki.

Untuk merenovasi bangunan masjid, pemerintah provinsi administrasi khusus Istanbul menyiapkan dana sebesar 2.5 juta Lira (12 miliar rupiah). Dana pembangunan ini telah diajukan Dewan Perlindungan Istanbul pada tahun 2008. Namun, baru disetujui tahun ini.

Seperti dikutip sundayzaman.com, Selasa (3/4), renovasi masjid bakal dimulai April dan diharapkan rampung pada Oktober mendatang.

Masjid ini dibangun oleh arsitek era Ustmani, Sokollu Mehmet Passa. Terletak di kaki jembatan Galata Ataturk, masjid ini menawarkan pemandangan yang demikian indah. Masjid ini juga memiliki menara yang berada di sebelah kiri masjid. Posisi menara itu memang tidak seperti menara masjid lain yang biasanya berada di sebelah kanan.

Nantinya, renovasi akan mencakup perbaikan sistem drainase, pintu dan jendela, cat bangunan, perbaikan bingkai jendela, dan penataan kolom batu masjid. Yang pasti, renovasi itu tidak akan mengubah bentuk bangunan asli.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement