Jumat 22 Nov 2013 15:17 WIB

Negara Muslim Sepakat Kembangkan Teknologi Masa Depan

Rep: Amri Amrullah/ Red: Fernan Rahadi
Negara-Negara Muslim (ilustrasi)
Foto: rohama.org
Negara-Negara Muslim (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Lima negara berpenduduk muslim sepakat mengembangkan teknologi masa depan bersama Indonesia. Kelima negara tersebut diantaranya Maroko, Nigeria, Pakistan, Malaysia dan Mesir mengungkapkan komitmennya dalam workshop tentang teknologi masa depan.

Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama (Kemenag)  Machasin mengatakan, kegiatan workshop ini di maksudkan untuk mengetahui lebih jauh tentang model teknologi yang tepat untuk Negara-negara berkembang. Dan khususnya juga terutama bagi  Negara-negara Islam.

“Workshop ini penting untuk melihat bagaimana perkembangan teknologi saat ini yang dapat dimanfaatkan untuk membantu Negara-negara muslim agar tidak tertinggal,” kata Machasin kemarin. Sebagai penyelenggara, Kemenag bekerjasama dengan Islamic Educational, Scientific, and Cultural Organization (ISESCO).

Ia berharap ISESCO dapat mendukung program-program pengembangan teknologi yang memberikan kontribusi yang konkrit bagi kemajuan Negara-negara anggotanya. Workshop tentang Tekhnologi Masa Depan (Technology Foresight) digelar di Jakarta, 19 hingga 21 November 2013.

Koordinator ISESCO yang diwakili oleh Ismail Aly Abdel Hamid menjelaskan, berbagai masalah dibahas pada workshop ini, dengan harapan agar terjadi pertukaran informasi dan pengalaman bagaimana memahami dan mengembangkan teknologi masa depan.

Menurut Ismail, dipilihnya Jakarta sebagai tempat kegiatan ini, karena Indonesia telah mempunyai pengalaman dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan ISESCO, juga didukung dengan jumlah penduduk muslim yang sangat banyak. "Kita juga ingin belajar dari pengalaman Indonesia bagaimana kemajuan teknologi di Indonesia telah mendukung kemajuan dan kemakmuran," ujarnya.

ISESCO merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh Organisasi Konferensi Islam (OKI) pada Mei 1979 yang memberi perhatian pada pengembangan dan kerjasama dalam bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya untuk negara-negara Islam. Saat ini Kantor Pusat ISESCO berada di Rabat, Maroko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement