Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Studi Islam Resmi Jadi Program Sebuah Universitas di Frankfurt

Selasa 20 Jul 2010 00:50 WIB

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Universitas Wolfgang Goethe, Frankfurt, Jerman

Universitas Wolfgang Goethe, Frankfurt, Jerman

REPUBLIKA.CO.ID, FRANKFURT--Universitas Wolfgang Goethe di Frankfurt Jerman membuka program kajian Islam selama tiga tahun pada semester musim dingin tahun ini, demikian kabar itu dilaporkan akhir pekan lalu. Program sarjana itu akan fokus pada kajian ilmiah agama dan aspek sejarah Islam

Keberhasilan program studi kajian Islam itu akan ditinjau ulang oleh universitas tiga tahun sejak peluncura. Pemerintah Jerman pun mengumumkan rencana di awal tahun ini untuk mendirikan institut khusus bagi kajian Islam untuk melatih generasi pemuka Muslim dan pengajar agama untuk lebih mampu beradaptasi dengan masyarakat barat.


"Jumlah anak-anak dan kaum muda Islam di Jermani sangat tinggi dan meningkat setia saat" ujar Menteri Pendidikan Jerman, Annete Schavan. Karena itu, pemerintah juga menyambut proposal yang diajukan dewan penasihat pendidikan untuk membentuk pusat teologi Islami di dua perguruan tinggi negeri.

Program itu sekaligus secara halus mengendalikan bagaimana bentuk pendidikan keyakinan diajarkan ke populasi Muslim yang kian berkembang. Tujuan pemerintah, selain lebih adaptif, kaum muda Muslim juga tak mudah mengikuti pemikiran ekstrimisme dan kelompok radikal.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA