Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Kisah Keluarga yang Taat

Selasa 25 Jun 2019 05:05 WIB

Red: Agung Sasongko

Oase (ilustrasi)

Oase (ilustrasi)

Foto: Wordpress.com
Allah SWT tidak akan mendiamkan hamba-Nya yang taat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Allah SWT tidak akan mendiamkan hamba-Nya yang taat dan selalu memegang teguh keimanan berada dalam kesulitan. Pertolongan Allah yang begitu nyata pernah dialami Ummu Muslim al-Khaulaniyah. 

Semangat dalam menjalankan ibadah, zuhud, dan upaya mencari ridha Allah adalah permulaan Ummu Muslim menjalani hidup bersama sang suami, Abu Muslim al-Khaulani ad-Darani, tokoh dari golongan tabiin yang dikenal ahli zuhud.  

Suatu ketika, persediaan bahan pokok sehari-hari keluarga itu sudah kosong. Sehingga, tidak ada makanan tersedia di meja makan seperti hari-hari biasa. Namun, karena Ummu Muslim seorang istri yang produktif dan mandiri, kekurangan tersebut segera bisa diatasinya tanpa mengumpat kepada suami, setelah dia menjual hasil karyanya berupa kain sulam.

Ummu Muslim, seperti yang dikisahkan buku 101 Tabiin Terhebat Sepanjang Masa ini memang pandai menyulam. Apa pun yang terkait dengan pekerjaan tangan menjadi keahliaanya yang bisa ditukar dengan uang. Uang satu dirham hasil menjual kain sulamannya dia berikan kepada suaminya untuk dibelikan bahan-bahan pokok sehari-hari.

"Wahai Abu Muslim, kita tidak punya tepung lagi." Abu Muslim cukup terkaget karena dia tidak memiliki uang untuk membeli tepung. Dengan pasrah dia berkata, "Apakah engkau mempunyai sesuatu (uang) untuk membeli tepungnya..?" kata Abu Muslim sambil menatap muka istrinya dengan nanar.

Dengan suara lembut serta nada suara rendah, Ummu Muslim menjawab, "Kita punya satu dirham dari menjual kain sulam."  

Ummu Muslim tetap rendah hati, mengatakan uang tersebut milik bersama, bukan hasil jerih payahnya menjahit. "Baiklah wahai istriku, berikan uang itu dan kantong untuk tepung."  

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA