Wednesday, 14 Zulqaidah 1440 / 17 July 2019

Wednesday, 14 Zulqaidah 1440 / 17 July 2019

Mengenal Humor Sufi Nasruddin Khodja

Selasa 18 Jun 2019 16:16 WIB

Red: Agung Sasongko

Nasruddin Hoja

Nasruddin Hoja

Khodja dikenal dengan leluconnya yang tersebar hingga berbagai belahan dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian besar penduduk Bumi mungkin sudah pernah mendengar atau membaca kisah-kisah humor sufinya. Namun, banyak dari mereka tidak ''ngeh'' bahwa cerita itu bersumber dari seorang tokoh Muslim bernama Nasruddin Khodja.

Nasruddin Khodja yang dikenal pula sebagai Mullah Nasruddin atau Nasruddin merupakan seorang cendekiawan yang sangat dikenal, baik oleh Muslim maupun non-Muslim. Beberapa sumber sejarah menyebut, dia hidup pada abad ke-13 di Anatolia, Turki.

Khodja dikenal dengan leluconnya yang tersebar hingga berbagai belahan dunia. Tak sekadar mengundang tawa, leluconnya juga penuh makna filosofis dan memacu orang untuk berpikir. Leluconnya tak jarang mengandung satire yang ditujukan kepada pemerintah saat itu.

Di masa hidupnya, Khodja sangat terkenal di wilayah Timur Tengah. Karya-karyanya dapat dilihat pada sebuah naskah yang ditulis pada abad ke-15 (1480). Anekdot lain dari Khodja tertulis dalam buku cerita berbahasa Turki berjudul Leta'if. Namun, dalam buku yang ditulis pada 1531 ini tak ada identitas penulis sebenarnya yang berkaitan dengan Nasruddin Khodja.

Pada abad selanjutnya, seorang mufti dari Sivrihisar, Husyein Efendi, menulis buku berjudul Mecmua i Maarif. Dalam buku ini tertulis, Khodja lahir pada 1208 di Desa Hortu, wilayah Sivrihisar, Turki, dan wafat pada 1284 di Aksehir, Turki.

Khodja menempuh pendidikan di Sivrihisar dan Konya. Dia belajar fikih, kemudian bertemu dengan Maulana Jalaludin Rumi di Konya. Darinya, Khodja belajar tasawuf. Selain Rumi, Khodja juga berguru kepada Sayyid Mahmud Hayrani.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA