Tuesday, 20 Zulqaidah 1440 / 23 July 2019

Tuesday, 20 Zulqaidah 1440 / 23 July 2019

Penduduk Asli Cile Mengenal Baik Islam

Sabtu 15 Jun 2019 22:15 WIB

Red: Agung Sasongko

Masjid Muhammad IV, Caquimbo, Cile

Masjid Muhammad IV, Caquimbo, Cile

Foto: blogspot.com
Islam merupakan agama yang cukup diterima secara baik di Cile.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Islam merupakan agama yang cukup diterima secara baik di Cile. Sebagai negara yang erat kaitannya dengan budaya Spanyol di Amerika Latin, Cile telah mengenal Islam secara baik.

Istilah mezquita merupakan sebutan bagi masjid dalam bahasa Spanyol yang juga digunakan di Cile. Negara yang berada di bagian barat bawah kawasan Amerika Latin ini memberikan kebebasan secara baik bagi umat Islam untuk menjalankan keyakinannya.

Baca Juga

Walaupun, jumlah umat Islam di negara mantan diktator Augusto Pinochet ini hanya kurang dari satu persen dari total penduduknya yang berjumlah 16 juta jiwa pada 2012.

Katolik merupakan agama dominan di negara ini dengan hampir 67 persen dianut dari seluruh populasi di Cile, sedangkan Protestan dianut 15 persen populasi. Sebagian besar penganut Islam di Cile merupakan para imigran Arab dari kawasan Timur Tengah dan imigran dari Asia Selatan. 

Namun, diketahui telah banyak penduduk asli Cile yang mengenal secara baik Islam dan memantapkan diri sebagai Muslim. Sayangnya, hingga kini umat Islam di Cile tidak banyak memiliki pilihan masjid yang representatif untuk menjalankan ibadah.

Diketahui hanya tiga masjid yang dianggap cukup baik yang terletak di Santiago, Iquique, dan Coquimbo yang juga dikenal sebagai Masjid Muhammad VI dan Pusat Kebudayaan Islam.n berbagai sumber 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA