Jumat 24 May 2019 17:31 WIB

Ummu Rafi Pelayan Kepercayaan Rasulullah

Kedekatannya dengan Rasulullah merupakan pintu ilmu baginya.

Ilustrasi Perempuan Salehah
Foto:

Label mantan budak, tak menghalangi Salma dekat dengan keluarga Rasulullah. Ia masuk dalam jajaran perempuan yang dekat dengan kehidupan Nabi. Ini tampak lewat keberaniannya mengadukan persoalan internal rumah tangganya dengan Abu Rafi ke Rasulullah. 

Salma melaporkan pemukulan Abi Rafi atas dirinya. Rasulullah memanggil kedua pasangan itu untuk mengetahui duduk persoalan. Abu Rafi mengaku aksinya itu lantaran sang istri mengganggunya. 

‘’Kamu telah mengganggu apa sehingga membuat suamimu marah?’’ tanya Nabi Muhammad. Salma mengelak telah mengganggu suaminya. Ia hanya memberitahukan apa yang pernah ia ketahui dari Rasulullah, yaitu soal batalnya shalat seseorang bila ia berhadas. Salma menegur Abu Rafi demikian, lantaran sang suami berhadas saat tengah shalat. “Tiba-tiba suamiku memukul saya,” katanya. 

Mendengar penjelasan itu, Rasulullah tertawa. ‘’Wahai Abu Rafi, Ummu Salma tidak menyuruhmu kecuali pada kebaikan.’’ Rasulullah pun mencandai Abu Rafi. 

Beruntung semasa hidupnya Ummu Rafi dekat dengan Rasulullah. Ia mengetahui tindak- tanduk keseharian Rasulullah. Ia juga banyak menyerap ilmu agama secara langsung dari sumbernya. Sejumlah hadis terabadikan riwayatnya melalui jalur Ummu Rafi. Di antaranya, Tirmizi meriwayatkan dari Salma Ummu Rafi adalah pelayan rumah tangga Rasulullah berkata, ‘’Tidaklah pernah Nabi tertusuk duri atau luka di kulitnya, kecuali luka itu ditutup dengan daun henna (daun pacar--Red).’’ 

Riwayat Ummu Rafi berikutnya menyebutkan setiap orang yang mengeluhkan sakit kepala kepada Rasulullah disarankan untuk berbekam. Sedangkan yang luka kaki agar dibalut dengan daun henna.

sumber : Dialog Jumat Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement