Selasa, 16 Safar 1441 / 15 Oktober 2019

Selasa, 16 Safar 1441 / 15 Oktober 2019

2011, Tahun Ibnu Al-Haytham

Ahad 19 Mei 2019 23:59 WIB

Red: Agung Sasongko

Ilmuwan Muslim.

Ilmuwan Muslim.

Foto: Metaexistence.org
Pemikiran Ibnu al-Haytham tetap tercatat dengan tinta emas di era modern

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski sebagian karyanya hilang dan diklaim ilmuwan Barat, buah pemikiran Ibnu al-Haytham tetap tercatat dengan tinta emas di era modern sekarang ini.

Bahkan, sebagai penghargaan terhadap al-Haytham, The Foundation for Science Technology and Civilisation (FTSC) bekerja sama dengan 1001 Invention telah menetapkan 2011 sebagai Tahun Ibnu al-Haytham.

Baca Juga

1001 invention merupakan inisiatif pendidikan global yang mempromosikan kesadaran 1.000 tahun prestasi ilmiah dan budaya peradaban Islam. Sebagai Tahun Ibnu al-Haytham, pada tahun ini digelar berbagai kegiatan berskala internasional yang ditujukan untuk menghormati, menghargai, dan menggali lagi buah-buah pemikiran Ibnu al-Haytham.

Menurut catatan sejarah, pada tahun 1011, al-Haytham sempat menjadi tahanan rumah. Tak hanya berpangku tangan, status sebagai tahanan rumah justru ia manfaatkan untuk menulis sejumlah karya ilmiah. Karya-karya al-Haytham yang lahir pada masa itu diakui banyak kalangan sebagai tonggak penting dalam sejarah ilmu pengetahuan. 

sumber : Islam Digest Republika
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA