Jumat 03 May 2019 06:06 WIB

Doa Malaikat untuk Penjamu Tamu

Menyambut tamu adalah ajaran dan sunah para nabi yang sangat dianjurkan.

Adab bertamu/Ilustrasi
Adab bertamu/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Interaksi menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari setiap umat manusia. Melalui interaksilah persaudaraan dan persahabatan bisa terjaga dan terpelihara dengan baik. Interaksi sosial yang paling formal di masyarakat adalah saling mengunjungi atau bertamu ke rumah saudara, sahabat, atau kerabat. 

Contoh penghormatan tamu bisa kita lihat dari kisah perempuan yang tinggal bersama putra semata wayangnya. Keluarga kecil ini rela memberikan hartanya untuk memuliakan tamu. Kisah ini seperti dinukilkan dari buku Hadis dan Kisah Teladan untuk Anak Saleh karya Ariayaniy Surfah.

Alkisah, di suatu desa terpencil, perempuan tua hidup bersama putranya yang menginjak usia remaja. Mereka hidup bersahaja meski keadaan tidak bergelimang harta, seperti sudara-saudara lainnya yang hidup serbakecukupan.

Meski demikian, perempuan tua dan putranya itu selalu seiring sejalan dalam menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya. Tidak seperti biasanya, pagi itu matahari tidak menampakkan sinarnya di desa di mana tempat keluarga kecil itu tinggal.

Dari pagi sampai siang, hanya awan hitam tebal bergulung-gulung merayap-rayap tertiup angin. Mengetahui akan turun hujan, putra dan perempuan tua itu sibuk mencari perabotan rumah tangga yang bisa menampung tetesan air hujan.  

"Simpan semua perabotan dapur tepat di bawah bekas tetesan hujan, Nak," kata perempuan tua itu berseru kepada putranya sambil menyodorkan panci yang sudah banyak cekungan.

"Baik ibu, ini tinggal tiga titik lagi di kamar ibu yang belum," kata putanya memberi tahu kepada ibunya karena di kamarnya juga ada tiga titik bekas tetasan air hujan.

Setelah semua perabotan rumah tangga ditempatkan di bawah setiap tetesan air hujan, seketika hujan turun begitu deras bersamaan dengan angin dan petir bersautan.

sumber : Islam Digest Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement