Senin 29 Apr 2019 18:45 WIB

Masjid Vogosca Jadi Simbol Umat Islam di Sarajevo

Masjid Vogosca adalah salah satu dari puluhan masjid baru yang dibangun

Masjid Vogosca, Sarajevo, Bosnia Herzegovina
Foto: archnet
Masjid Vogosca, Sarajevo, Bosnia Herzegovina

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Masjid Vogosca adalah salah satu dari puluhan masjid baru yang dibangun sejak negara Bosnia Herzegovina mendeklarasikan kemerdekaannya pada 1995.

Bagi komunitas Muslim di wilayah Vogosca, kehadiran masjid ini merupakan sumbangan besar bagi para pekerja urban. Hal ini karena sebagian besar penduduk di Vogosca merupakan pekerja dan buruh di kawasan industri di sekitar penyangga Sarajevo.

Baca Juga

Mereka tinggal di daerah penyangga Vogosca dengan kegiatan penuh aktivitas tetapi minim akses sarana spiritual. Impian memiliki sebuah masjid merupakan idaman sejak lama, setelah masjid lama yang sempat hancur diwujudkan kembali berkat tekad keislaman para pekerja di daerah Vogosca.

Di area masjid inilah para pekerja bukan hanya dapat beribadah dan akses pendidikan agama, tetapi juga bersosialisasi, beristirahat, menikmati makanan dan minuman, serta bercengkerama dan berkumpul bersama.

 

Kini Masjid Vogosca ini menjadi satu-satunya bangunan religius kebanggaan komunitas pekerja Muslim di wilayah ini. Dan Masjid Vogosca menjadi bagian dari simbol umat Islam Sarajevo, bersanding dengan berbagai masjid indah lain yang telah lebih dulu ada di Bosnia Herzegovina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement