Senin 22 Apr 2019 16:17 WIB

Tiga Manfaat Buah Tin

Tin dikenal sebagai makanan dan obat.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Buah tin
Foto: ist
Buah tin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tin adalah pohon yang berasal dari Tanah Arab dan menjadi kebanggaan masyarakat di sana. Kemudian, menyebar ke Asia Kecil, seperti Anatolia, Turki, dan Afghanistan, ke Eropa melalui orang-orang Tunisia dan Yunani, serta ke Timur melalui Suriah hingga sampai ke India.

Tanaman ini dianggap sebagai pohon tertua yang dikenal manusia. Pada musim kemarau buah tin dibuat untuk menu makanan yang lezat. Sedangkan, pada musim hujan, buah ini diolah sebagai makanan kering yang sangat diminati.

Baca Juga

Sebagaimana dijelaskan dalam buku Ensiklopedia Mukjizat Al Qur'an dan Hadis, orang-orang Tunisia, Mesir kuno, dan Yunani mengenal buah tin sebagai makanan sekaligus obat. Pohon yang diberkahi ini telah digunakan oleh Allah SWT sebagai kata sumpah dalam kitab-Nya yang berbicara tentang hal-hal yang luar biasa.

Allah hanya bersumpah dengan sesuatu yang agung. Sumpah Allah tersebut adalah bukti nyata akan pentingnya pohon ini dan menjadi isyarat penting bahwa pohon tersebut memiliki banyak manfaat. Tiga manfaat buah tin adalah sebagai berikut.

 

Melawan Kanker

Buah ini mengandung fitokimia "benzalde- hida", bahan aktif yang ditemukan melalui ekstraksi jus yang memiliki kemampuan melawan kanker. Sebuah studi 2012 menemukan bahwa buah ini merupakan sumber senyawa bioaktif, seperti fenolat, kumarin, dan asam lemak yang berpotensi mengobati kanker kulit. Selain itu, buah ini juga memiliki kumarin yang telah digunakan untuk mengobati kulit dan kanker prostat.

Menurunkan Tekanan Darah

Buah Tin kaya kandungan kalium, sehingga bisa membantu mengontrol tekanan darah. Banyak orang kurang mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, tetapi mereka justru mengonsumsi garam dalam jumlah tinggi, sehingga menyebabkan kekurangan kalium dan berujung hipertensi. Sebuah studi menemukan ketika orang memilih memakan buah dan sayuran ketimbang makanan ringan, seperti permen, susu rendah lemak, maka telah menurunkan tekanan darah rata-rata 5,5 poin (sistolik) lebih 3,0 poin (diastolik).

Melancarkan Pencernaan

Buah tin mengandung serat yang tinggi sehingga bagus untuk pencernaan dan membantu mengurangi berat badan. Kandungan serat yang tinggi mampu menyerap air, sehingga melembutkan tekstur tinja. Hal ini cocok untuk membantu menjaga kebiasaan buang air besar secara teratur dan men- jauhkan diri dari sembelit. Selain itu, ficin, enzim dalam buah ini, mampu mengubah protein menjadi asam amino yang dapat menyebabkan penurunan berat badan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement