Rabu 17 Apr 2019 12:42 WIB

Karya Lain Al-Shirazi

Selain menulis soal notasi, al-Shirazi membukukan tulisannya soal geometri.

 Ilmuwan Muslim (ilustrasi).
Foto: emel.com
Ilmuwan Muslim (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bukan hanya dalam musik ia menelurkan karya. Al-Shirazi pun membukukan karya dalam bidang lainnya, seperti matematika. Ia menulis tentang geometri dalam bahasa Persia yang dituangkan dalam 15 bab.Sebagian besar buku ini berisi terjemahan dan karya al-Tusi. Ia menuntaskan karya ini pada November 1282. Ia juga menghasilkan karya lain, Risala fi Harkat al-Daraja.

Sedangkan, dalam geografi dan astronomi, al-Shirazi menghasilkan Ektiarat e-mozaffari. Ini merupakan risalah mengenai astronomi di Persia yang dituangkannya dalam empat bab dan diekstraksikan dari karyanya yang lain, Nehayat af-Edrak. Ia pun menulis kitab al-Tuhfat al-Shahiya yang diselesaikannya pada 1284.

Karya tersebut membahas tentang model pergerakan planet dan peningkatan pada prinsip Ptolemeus. Ia menulis -kan juga pemikiran-pemikiran filsafatnya. Buku paling terkenalnya adalah Durrat al-Taj Iighurratt al-Dubaj yang ditulis dalam bahasa Persia. Kitab itu merupakan sebuah ensiklopedia filsafat yang ditulis untuk Rostam Dabbaj, penguasa tanah Gilan di Iran.

Kitab itu juga membahas pandangan filosofis tentang Imu alam, teologi, logika, urusan publik, etnis, mistik, astronomi, matematika, aritmatika dan musik. Sebagai seorang dokter, ia tergelitik menyampaikan pandangan-pandangannya dalam sebuah karya. Ia menuliskan komentar-komentarnya tentang Canon of Medicine.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement