Rabu 17 Apr 2019 06:06 WIB

Figur Istri yang Ideal

Beribadah adalah tuntutan, tetapi menjaga kesehatan tubuh adalah kebutuhan

Pasangan suami istri
Foto:

Rasulullah menjawab bahwa hak suami atas istri ialah melayaninya sepenuh hati, tidak berpuasa satu hari pun tanpa seizinnya kecuali puasa wajib. Jika tetap dilakukan maka istri itu akan berdosa dan puasanya tak diterima. Rasul juga menjelaskan kepada al-Haula, hendaknya istri tidak membelanjakan apa pun dari harta suami kecuali dengan izinnya, bila tetap dilakukan maka suami mendapat pahala sedangkan istri berdosa.

Rasul juga bersabda, perempuan tidak boleh keluar rumah bila tak mengantongi izin suami. Bila tetap keluar tanpa izin maka Allah akan melaknatnya dan para malaikat murka sampai istri bertobat, sekalipun sang suami telah berlaku zalim.

Al-Haula mengatakan, semua ini berlaku walaupun suami zalim? Rasulullah membenarkannya. “Lalu, apa ganjaran buat istri yang taat?” kata Al-Haula.

Rasulullah menjawab, tidak ada yang pantas bagi istri yang taat pada suami, memenuhi haknya, mengumbar kebaikannya, dan tidak berkhianat atas jiwa dan hartanya kecuali istri tersebut berhak atas satu derajat di bawah para syahid kelak di surga.

Jika sang suami seorang Mukmin dan bepekerti baik maka mereka akan dipertemukan kembali di surga. Bila tidak (mukmin dan berperangai baik) maka Allah akan menikahkannya dengan seorang syahid. Al-Haula contoh mulia bagi Muslimah. Ketatannya semerbak, sewangi parfum yang ia perjualbelikan dan pergunakan.

sumber : Islam Digest Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement