Sabtu, 15 Sya'ban 1440 / 20 April 2019

Sabtu, 15 Sya'ban 1440 / 20 April 2019

Tiga Pendapat Soal Khasiat Jahe

Senin 15 Apr 2019 11:00 WIB

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko

Jahe

Jahe

Foto: Pixabay
Tanaman jahe menjadi kekhasan masyarakat Timur Tengah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Tanaman zanjabil (jahe) menjadi kekhasan masyarakat Timur Tengah. Selain menghangatkan tubuh, minuman yang terbuat dari tanaman ini dapat menyembuhkan sejumlah penyakit.

Tanaman ini berfungsi untuk mengembalikan metabolisme tubuh, memberikan efek kehangatan, pe nangkal masuk angin, dan lainnya. Allah berfirman, Di dalam sur ga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe. (Al-Insan: 17).

Baca Juga

Aroma dan rasanya yang khas juga kerap dijadikan sebagai pelengkap ma sak an. Tak heran, seperti diungkap oleh Abu Nu'aim dalam ath-Thibb an- Nabawi, Rasulullah SAW sangat suka mendapatkan hadiah satu bejana jahe dari Raja Romawi. 

Obat Gangguan Hati

Menurut sejumlah ulama, tanaman ini dapat diolah menjadi obat yang menyembuhkan gangguan hati akibat cuaca panas ataupun dingin. Minuman yang mengandung tanaman ini akan terasa hangat di badan.

Khasiatnya adalah meningkatkan vitalitas pria dan mengobati gastritis pada lambung dan usus. Namun, jahe jika diolah menjadi bubuk dan langsung dikonsumsi dapat menimbulkan radang pada tenggorokan dan lambung. Jika dicampur air, dia menjadi minum an yang khas. Bagi penderita kanker, minuman jahe da pat meredakan rasa mual akibat mengonsumsi obat. 

Jahe dalam Tafsir Alquran

Dalam sejumlah kitab tafsir, minuman jahe dijelaskan sebagai hidangan istimewa di surga. Setiap orang akan disuguhi segelas minuman yang campurannya adalah jahe, tetapi tidak sama dengan jahe di dunia.

Jahe ini bersumber dari mata air surga salsabil. Minuman ini menjadi kekhasan dan kenikmatan mereka yang selama di dunia mengabdikan dirinya hanya kepada Allah.

Pendapat Ibnu Sina

Ibnu Sina mengatakan, jahe dapat meningkatkan daya tahan tubuh, memberikan rasa lembap pada kepala dan tenggorokan. Juga, mengobati penyakit akibat polusi udara.

Akar dan batang jahe mengandung lemak resin, pati, dan minyak volatil yang beraroma wangi. Lemak resin nonvolatil yang dikandungnya adalah zingerone yang memberi rasa pedas. Juga berguna untuk mensterilkan dan memperkuat organ mulut serta antidemam. 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA