Ahad 17 Mar 2019 06:06 WIB

Para Pendengar Nasihat

Apa yang selama ini kau lakukan di dunia akan membuat tubuhmu berubah.

Gurun pasir (ilustrasi)
Foto:

Dia terlihat sibuk dengan apa yang dilakukannya. Percaya atau tidak, ia sedang menusukkan tongkat ke setiap lubang telinga tengkorak dari kuburan yang digalinya. Kemudian, beberapa dari kepala tengkorak manusia yang ditelitinya dijejerkan di dekat tempatnya berdiri.

Rasa penasaran memenuhi benak Hasan. Ia pun bertanya dengan sopan kepada pria asing tersebut. "Apa yang sedang kau lakukan? Tak salahkah penglihatanku, aku melihat kau menusukkan tongkat ke lubang telinga tiap-tiap tengkorak yang kau gali. Mengapa?" tanyanya. Sang pria asing menyambut pertanyaan Hasan dengan senyuman. Ia mengaku memang tengah menggali beberapa kuburan untuk melakukan sebuah penelitian ilmiah.

Jika ia menemukan tengkorak yang menurutnya adalah tengkorak dari ahli ilmu, ia akan segan, menghormatinya, dan memperlakukanya dengan cara yang terhormat. "Namun,  jika aku menemukan sebaliknya, aku tak akan terlalu menghormatinya," ujar sang pria asing tersebut dengan santainya.

Ia kemudian melanjutkan penjelasannya. Menurutnya, dengan menusukkan tongkatnya ke lubang telinga tengkorak-tengkorak itu, ia bisa membuktikan, bisa tahu mana kepala tengkorak yang ketika masih hidup menjadi ahli ilmu dan mana yang bukan.

Hasan masih belum menemukan jawaban atas rasa penasarannya. Bagaimana bisa menentukan orang tersebut benar-benar ahli ilmu atau bukan dari tengkoraknya? Dengan percaya diri sang pria asing menjelaskan. "Apabila tongkatku ini mampu menembus kepala tengkorak ini dari lubang telinga yang satu ke lubang telinga yang lainnya, maka aku membuangnya begitu saja. Begitu pula jika tongkatku ini tak mampu menembus salah satu dari lubang telinganya," ujar lelaki tersebut tanpa merasa bersalah sama sekali.

sumber : Islam Digest Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement