Rabu 12 Dec 2018 06:06 WIB

Rahasia Sukses Bisnis Rasul dan Para Sahabat

Kuncinya adalah sifat shiddiq, amanah, tabligh, dan fathonah.

Ilustrasi kafilah dagang di gurun pasir
Foto:

Rasulullah kembali bertanya, "Apakah itu?" Abdurrahman menjawab, "Apa yang dijanjikan oleh Allah dan Rasul-Nya berupa rezeki dan kebaikan serta pahala yang banyak," jawabnya ringan.

Kekayaan Abdurrahman bin Auf tak menjadikannya sombong seperti Qarun di masa Nabi Musa. Dia terkenal sangat dermawan dan baik hati. Tak heran jika dia termasuk satu dari 10 sahabat yang dijanjikan surga.

Untuk meraih kekayaan tersebut, Abdurrahman bin Auf melakukan wirausaha. Dia memiliki etos kerja yang tinggi. Jiwa entrepreneur jelas melekat pada dirinya hingga menjadi pengusaha paling sukses kala itu.

Jiwa wirausaha Abdurrahman bin Auf terlihat saat hijrah ke Madinah. Kekayaannya di Makkah telah ditinggalkannya. Namun, saat tinggal di kota Rasul, hal pertama yang ia cari ialah pasar. Bahkan, dia enggan menerima begitu saja bantuan dari kaum Anshar.

Saat di Madinah, Rasulullah menyaudarakan Abdurrahman bin Auf dengab Sa'ad bin Rabi'. Saudara angkat tersebut pun berkata kepada Abdurrahman, "Wahai saudaraku, aku memiliki dua kebun, pilihlah mana yang engkau suka, lalu ambillah," ujarnya. Namun, Abdurrahman bin Auf justru menjawab, "Semoga Allah memberikan berkah kepada harta dan keluargamu. Akan tetapi, tunjukkanlah kepadaku pasar," ujar Abdurrahman.

sumber : Islam Digest Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement