Jumat 16 Nov 2018 05:30 WIB

Awan Pun Berpihak kepada Para Pemberi Sedekah

Ada banyak kisah tentang keutamaan bersedekah.

Ilustrasi Sedekah
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Ilustrasi Sedekah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada banyak kisah tentang keutamaan bersedekah. Dalam beragam cerita itu, Allah SWT memberikan ganjaran melimpah bagi siapa pun pemberi sedekah selama disertai keihlasan, tanpa mengungkit dan menggunjing, serta tak diikuti perbuatan riya dan atau syirik.

Kisah berikut ini mengajarkan kita pentingnya mengeluarkan sebagian harta dari pendapatan yang kita peroleh. Baik sebagai seorang petani, pengusaha, maupun seorang profesional yang memiliki penghasilan lebih dari cukup. Dengan bersedekah, Allah akan menjaga dan memberikan keberkahan harta yang dimilikinya.

Seperti dikisahkan dalam buku Kisah-Kisah yang Menunjukkan Keutamaan Amal karangan Dr Umar Sulaiman al-Asqor, cendekiawan Muslim asal Yordania.

Ia mengisahkan, ada seorang petani yang kebunnya telah dijaga oleh Allah SWT dari kekeringan hanya karena dia ikhlas dan istiqamah mengeluarkan hasil taninya sesuai yang diperintahkan-Nya.

Kisah yang diriwayatkan oleh Muslim dalam bab Zuhd wa ar-Raqaq, pasal sedekah ini, membeberkan suatu ketika ada seorang petani yang sedang berteduh di sebuah pohon untuk menghindari sengatan matahari. Ini ia lakukan setelah menggarap lahannya yang sudah lama tidak dialiri air.

Tanah-tanah di wilayah itu terbengkalai karena kekeringan. Sudah hampir satu setengah tahun tidak turun hujan. Dalam keadaan lelah dan penuh harap, setelah menggarap lahannya, hujan turun. Dalam istirahatnya itu, kedua matanya pun terpejam, ia tertidur.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement