Selasa 05 Jan 2016 16:19 WIB

Interior Masjid Agung Roma, Karya Seni Berkualitas Tinggi

Rep: c62/ Red: Agung Sasongko
Masjid Agung Roma
Masjid Agung Roma

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Di dalam ruangan utama Masjid Agung Roma, mata akan dimanjakan dengan interior yang mengagumkan. Karya seni berkualitas tinggi dari negara-negara Islam beradu. Pilar-pilar yang tertanam di ruangan utama, misalnya, bak deretan pohon kurma lengkap dengan pelepah yang menjulurkan daunnya.

Pola seperti itu membentuk sebuah kanopi melindungi bagian bawahnya dari sinar matahari. Rangkaian dedaunan yang membentuk seperti kanopi itu menyatu menjadi sebuah kubah besar. Seperti teknik gedung zaman Romawi kuno. (Baca: Masjid Agung Roma yang Besar dan Megah)

Bahkan, beberapa penulis mengasosiasikan rancangan pilar-pilar di masjid ini sebagai tangan-tangan yang sedang menengadah ke atas layaknya dua belah tangan hamba yang sedang menengadah ke atas untuk berdoa.  

Keindahan pilar akan kian terpancar ketika lampu gantung yang bahannya dari tembaga kuning ini memendarkan cahaya. Cahaya dari lampu gantung memantul ke setiap pilar yang dibentuk seperti pohon kurma itu. Tak hanya nilai artistik tinggi menyelemuti masjid ini yang sedap dipandang. 

Karpet berwarna biru langit yang terbentang di lantai masjid ini memanjakan kaki. Mungkin kaki akan merasa segan karena sayang bahan selembut sutra itu digunakan sebagai karpet.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement