Selasa 08 Jan 2019 05:35 WIB

Alquran di Hati Abbad bin Bisyir

Abbad rela menyerahkan harta benda, nyawa dan hidupnya di jalan Allah dan Rasul-Nya.

Alquran
Foto:

Ammar kemudian bangun dan mendengar suara kawannya terputus-putus karena menahan sakit. "Gantikan aku berjaga karena aku telah terkena panah." Ammar segera bangun dari tidurnya dan musuh pun melarikan diri.

Ammar pun bertanya mengapa tidak membangunkannya saat tembakan panah yang pertama. Ketika aku shalat tadi, aku membaca beberapa ayat Alquran yang amat mengharukan hati, hingga aku tak ingin menghentikannya.

Demi Allah, aku tidaklah akan menyia-nyiakan pos penjagaan yang ditugaskan Rasul kepada kita menjaganya, sungguh, aku lebih suka mati daripada memutuskan bacaan ayat-ayat yang sedang kubaca itu.

Abbad dikenal amat mencintai Allah, rasul, dan agamanya. Kecintaan itu memenuhi segenap perasaan dan seluruh hidupnya. Sejak peristiwa itu, Rasulullah membicarakan kelompok Anshar dan Abbad menjadi bagian dari mereka.

Rasulullah berkata, "Hai Golongan Anshar, kalian adalah inti, sedangkan golongan lain adalah kulit ari, maka tidak mungkin aku diciderai oleh kalian." Sejak mendengar perkataan Rasulullah tersebut, Abbad rela menyerahkan harta benda, nyawa dan hidupnya di jalan Allah dan Rasul-Nya. Sehingga setiap medan pertempuran, dia akan muncul menjadi orang yang pertama di depan pasukan.

Namun saat pembagian harta rampasan perang Abbad sulit ditemukan. Abbad juga dikenal sebagai ahli ibadah yang tekun. Dia juga gigih saat berjuang, dan dermawan. Oran-gorang Islam angkatan pertama mengetahui bahwa Abbad adalah seorang yang mendapat karunia cahaya dari Allah. Penglihatannya yang jelas dan menjadi pengganti penerangan.

Dia dapat mengetahui tempat-tempat yang baik dan meyakinkan tanpa mencarinya dengan susah payah. Bahkan shahabat-shahabatnya percaya matanya dapat melihat benda-benda yang sulit terlihat. Jika Abbad berjalan di waktu malam, terlihatlah berkas-berkas cahaya dan sinar yang menerangi jalan yang akan ditempuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement