Kamis 06 Dec 2018 18:08 WIB

Tiga Istana Gurun Pasir Warisan Umayyah

Di bidang arsitektur, para penguasa Umayyah membangun sejumlah istana dan masjid

Istana qusur Amra.
Foto:

Istana ini dibangun oleh Khalifah Hisyam di Qusayr al-Hayr al-Gharbi. Letaknya sekitar 60 km sebelah barat Palmyra (Tadmur). Kota Palmyra sendiri berjarak sekitar 240 km arah timur Damaskus. Kompleks istana ini terdiri atas sebuah istana, permandian, khan (penginapan untuk pengelana), dan lahan pertanian.

Dilengkapi pula dengan sistem irigasi yang airnya bersumber dari kanal-kanal bawah tanah yang terhubung ke sebuah bendungan Romawi kuno di Harbaqa, berjarak sekitar 16 km ke sebelah selatan.

Sebuah tembok pelindung yang dilengkapi menara-menara semimelingkar mengelilingi kompleks ini. Istananya berbentuk persegi dengan sisi sepanjang 70 meter.

Aslinya, bangunan ini terdiri atas dua lantai. Walaupun, hanya lantai bawah yang masih ada. Selain itu, yang juga masih ada adalah pintu gerbang dengan dekorasi stuko berukir yang sangat cantik. Stuko ini merupakan salah satu contoh tipe dekorasi tertua di dunia Islam, yang dibuat oleh para perajin Sasan. Dekorasi stuko itu kini disimpan di Museum Nasional Damaskus.

sumber : Islam Digest Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement