Selasa 16 Oct 2018 16:21 WIB

Hukuru Miskiiy Masjid Batu Karang

UNESCO menyebut masjid Hukuru Miskiiy sebagai situs paling terawat di Maladewa.

Male Hukuru Miskiiy, Masjid Agung Maladewa
Male Hukuru Miskiiy, Masjid Agung Maladewa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKATA -- Hukuru Miskiiy adalah masjid tertua di Maladewa yang terletak Ibu Kota Male, Kepulauan Kaafu (Kaafu Atoll). Masjid tersebut dibangun pertama kali pada abad ke-12 M. Sedangkan, konstruksi masjid yang masih bertahan hingga saat ini dibangun pada 1656, sekitar lima abad setelah Maladewa beralih dari kerajaan Buddha menjadi kesultanan Islam.

Pembangunan masjid pada masa itu dimulai ketika Islam diperkenalkan oleh seorang Muslim Sunni dari wilayah Maghrib, Abul Barakat Yoosuf al-Barbary. Raja yang menjadi pemeluk Islam pertama di Maladewa, Sri Tribuvana Aditiya (Sultan Muhammed Ibn Abdulla), adalah orang yang memimpin pembangunan Hukuru Miskiiy untuk pertama kalinya.

photo
Masjid Tua Maladewa/Tripadvisor

Pembangunan Hukuru Miskiiy memakan waktu dua tahun. Semenjak itu, masjid batu karang itu telah mengalami perbaikan dan pengubahan sebanyak sembilan kali hingga menjadi salah satu situs budaya eksotis Maladewa yang kini dikenal juga dengan nama Male Friday Mosque.

Seperti ditulis dalam situs United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) mengenaiWorld Heritage Convention (WHC), Hukuru Miskiiy mengalami renovasi pertama pada 1338. Sultan yang berkuasa kala itu, Ahmed Shihaabuddheen I, memimpin renovasi dan mendokumentasikan renovasi tersebut di atas papan kayu.

Lalu pada 1656, Sultan Ibrahim Iskandhar menggagas konstruksi baru masjid yang selesai pada 1658 M. Konstruksi inilah yang dipertahankan dan dapat disaksikan hingga saat ini. Renovasi yang dilakukan beberapa sultan Maladewa setelah itu hanya sebatas penambahan dan penggantian beberapa bagian bangunan.

sumber : Islam Digest Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement