Rabu 02 May 2018 15:10 WIB

Kemajuan Teknologi Peradaban Islam Jangkau Negeri Cina

Di awal abad ke-12, Dinasti Ming diperkenalkan dengan tabel astronomi berangka arab.

Astrolabe
Foto: astrolabes.org
Astrolabe

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kemajuan teknologi peradaban Islam juga menjangkau tanah Tiongkok. Di awal abad ke-12, Dinasti Ming diperkenalkan dengan tabel astronomi yang memakai angka Arab. Sang penguasa menitahkan penerjemahan tabel itu ke dalam bahasa Cina. Pembangunan observatorium pun pernah muncul di sana.

Bangunan ini dibuat saat kekuatan Mongol di bawah Kubilai Khan pada 1271. Laman Muslimheritage mencatat, seorang sarjana Muslim bernama Jamal al-Din pernah menjadi direktur observatorium di Cina, dan perangkat itu bertahan hingga abad ke-17. Menurut sejarawan Paul Buell, teknik pengobatan umat Islam berkembang pula di sana.

 

Sejumlah dokter Cina mempraktikkan teknik pengobatan para dokter Muslim. Jejak peradaban Islam ini bisa ditelusuri melalui buku berjudul Huihui Yaofang (Resep Pengobatan Islam) yang terbit pada abad ke-13. Sebaliknya, dari teknologi Cina, kaum Muslim mengenal kertas.

Seni pembuatan kertas mulai dilakukan pada 751 Masehi. Kehadiran kertas bertepatan dengan gelombang intelektualitas yang sedang melanda dunia Islam, yang sangat berguna dalam penulisan karya-karya mengagumkan.

sumber : Mozaik Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement