Kamis 19 Apr 2018 16:28 WIB

Kemampuan yang Harus Dimiliki Sekretaris

Sekretaris membutuhkan banyak referensi.

Ilmuwan Muslim berhasil memberikan penemuan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan penerus saat ini.
Foto: Photobucket.com/ca
Ilmuwan Muslim berhasil memberikan penemuan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan penerus saat ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris membutuhkan banyak referensi. Al Qalqasyandi mengatakan, buku-buku kumpulan pidato biasanya menjadi rujukan. Sebab, buku tersebut salah satu sumber rahasia kecakapan berbahasa dan ungkapan kebahasaan yang sempurna dan utuh.

Alasan lainnya, pidato digunakan bangsa Arab dalam berbagai peristiwa penting dan disampaikan tokoh-tokoh penting, seperti khalifah, sultan, amir, maupun gubernur yang disampaikan di atas mimbar. Dalam pidato jenis pembicaraan dapat dibeda-bedakan.

Pidato, jelas Al Qalqasyandi, juga merupakan sarana untuk menyampaikan sebuah maksud kepada masyarakat. Ia pernah mengutip pernyataan seorang intelektual lainnya, Al Askari mengenai hubungan antara pidato dan seni surat-menyurat yang dijalankan oleh para sekretaris.

Menurut Al Qalqasyandi, para sekretaris bisa belajar dari kumpulan pidato mengenai tata bahasa dan gaya penulisan agar pesan yang dituliskan bisa dipahami orang lain. Bahkan, ia mengatakan surat menyurat dan pidato merupakan dua keahlian yang sama.

Baik surat-menyurat dan pidato, menyampaikan gagasan melalui bentuk wacana yang tak dibatasi sajak. Keduanya memiliki kesamaan dari sisi kata-kata dan bagian lainnya. Kata-kata yang digunakan orator sama dengan kata-kata yang digunakan oleh sekretaris dari sisi kelembutan dan kejelasan ekspresinya.

Al Qalsyandi mengungkapkan, anatomi pidato pun serupa dengan anatomi naskah surat. Perbedaannya, hanya dari sisi penyampaiannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement