Kamis 19 Apr 2018 14:46 WIB

Palestina Negeri yang Diberkahi

Alquran berulang kali menyebut keberkahan dan kemuliaan Palestina.

Rep: Syahruddin el-Fikri/ Red: Agung Sasongko
Palestina
Foto: AP
Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ayat di atas menceritakan kepada umat Islam akan perjalanan Rasulullah SAW saat melaksanakan Isra dan Mi’raj. Sebagaimana disepakati para ulama, peristiwa Isra dan Mi’raj itu terjadi pada 27 Rajab sebelum hijrah.

Para ulama dan ahli sejarah Islam, termasuk yang termuat dalam berbagai buku sejarah disebutkan, peristiwa itu sebagai salah satu bentuk penghiburan bagi Rasulullah SAW setelah meninggalnya orang-orang yang dikasihinya, yakni Abu Thalib (paman Nabi) dan Siti Khadijah al-Kubra (istri Nabi). Dalam perjalanan Isra dan Mi’raj ini, Rasulullah SAW menerima perintah Allah SWT untuk umat Islam agar melaksanakan shalat lima waktu dalam sehari semalam.

Dari keterangan ayat di atas, tampak jelas keistimewaan yang diberikan Allah kepada Palestina. Di sebutkan dalam ayat tersebut, Allah SWT telah memberikan atau menjadikan Palestina yang terdapat Masjid al-Aqsha itu sebagai negeri yang diberkahi-Nya. Jika merupakan negeri yang diberkahi, mengapa hingga hari ini Palestina selalu terjadi pertumpahan darah? Pertanyaan di atas seringkali terdengar. Puluhan bahkan ratusan kali dikatakan.

Allah SWT telah menetapkan keberkahannya atas Palestina. Sebagaimana diketahui, negeri atau kota lain yang juga diberkahi oleh Allah SWT adalah Makkah dan Madinah. Ada pula yang menambahkan dengan Syam (Suriah sekarang) dan Mesir.

Menurut para ulama, penyebutan Masjid al-Aqsha dan daerah sekitarnya (di sekelilingnya) itu sebagai negeri yang diberkahi, karena di daerah tersebut diutus oleh Allah sejumlah rasul-Nya untuk berdakwah di negeri dan sebagian menetap tersebut. Di antaranya, Nabi Ibrahim, Ishak, Luth, Ya’kub, Musa, Daud, Sulaiman, Ilyas, Ilyasa, hingga Isa AS.

Karena itu, keberadaan Palestina sebagai suatu negeri yang diberkahi, tak perlu dibantah lagi. Sebab, dalam beberapa keterangan ayat Alquran, Allah SWT telah menyebutkan berkali-kali akan kemuliaan dan keberkahan Palestina tersebut. Di antaranya, surah Al-A’raaf [7]: 137, Al-Israa` [17]: 1, Al-Anbiyaa` [21] 71 dan 81).

‘’Dan Kami selamatkan Ibrahim dan Luth ke sebuah negeri yang Kami telah memberkahinya untuk sekalian manusia.’’ (QS Al-Anbiyaa` [21]: 71). ‘’Dan (telah Kami tundukkan) untuk Sulaiman angin yang sangat kencang tiupannya yang berhembus dengan perintahnya ke negeri yang Kami telah memberkatinya. Dan adalah Kami Maha Mengetahui segala sesuatu.’’ (QS Al-Anbiyaa` [21]: 81).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement