Selasa 19 Apr 2022 23:33 WIB

Membedah Isi Alquran

Alquran yang diturunkan secara berangsur-angsur.

Rep: Syahruddin el-Fikri/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto: Republika/Wahyu Suryana
Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran yang diturunkan secara berangsur-angsur tersebut terdiri atas 114 surat. Urutan-urutannya sebagaimana ditetapkan Rasulullah SAW tidak sama panjang dan pendeknya.

Surat terpanjang di dalam Alquran terdiri atas 286 ayat, yaitu al-Baqarah, sedangkan surat-surat terpendek terdiri dari 3 ayat, seperti al-'Ashr, al-Kautsar, dan an-Nashr. Surat-surat di dalam Alquran kemudian dikelompokkan menjadi dua kategori, yaitu surat Makkiyyah dan Madaniyyah.

Terjadi sedikit perbedaan pendapat di antara para ulama mengenai jumlah ayat yang terdapat di dalam Alquran.

Perbedaan ini terletak pada cara pandang ulama itu terhadap kalimat Basmalah pada awal surat dan lafal pembuka surat, kemudian tentang kata-kata pembuka surat yang terdiri dari susunan huruf-huruf seperti Alif Lam Miim, Yaa Siin, dan Ha Mim.

 

Sebagian ulama ada yang menggolongkan kata-kata pembuka surat itu sebagai ayat, dan ada pula yang tidak mengikutsertakannya sebagai ayat.

Menurut ulama Kufah, seperti Abu Abdurrahman as-Salmi, Alquran terdiri atas 6.236 ayat. Sedangkan menurut as-Suyuti, seorang ahli Alquran asal Mesir, Alquran terdiri atas 6.000 ayat.

Adapun al-Alusi, seorang ahli tafsir dari Baghdad, dalam kitab tafsirnya yang berjudul Ruh al-Ma'ani fi Tafsir al-Qur'an al-'Azim wa as-Sab' al-Masani menyebutkan bahwa Alquran memiliki sekitar 6.616 ayat.

Untuk memudahkan dalam pembacaan dan penghafalan, maka para ulama membagi Alquran dalam 30 juz yang sama panjang, dan dalam 60 hizb (biasanya ditulis di bagian pinggir Alquran). Kemudian, masing-masing hizb tersebut dibagi lagi menjadi empat dengan tanda-tanda ar-rub' (seperempat), an-nisf (seperdua), dan ats-tsalatsah (tiga perempat).

Selain itu Alquran dibagi pula dalam 554 ruku', yaitu bagian yang terdiri atas beberapa ayat. Sebagai penanda, maka pada setiap satu ruku’ diberi tanda berupa huruf ain dipinggir. Surat yang panjang berisi beberapa ruku', sedang untuk surat-surat yang pendek hanya berisi satu ruku'.

Tanda pertengahan Alquran atau Nisf Alquran terdapat pada surat al-Kahfi ayat 19, yaitu pada lafal walyatalaththaf, yang artinya adalah, “hendaklah ia berlaku lemah lembut”.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement