Rabu 11 Apr 2018 15:10 WIB

Museum Bait Alquran Bahrain Terbaik di Dunia

Di museum ini terdapat naskah-naskah bernilai historis tinggi.

Bait Alquran Bahrain
Foto: wikipedia
Bait Alquran Bahrain

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kekayaan khazanah peradaban Islam seyogianya terus terjaga sampai generasi-generasi berikutnya. Bait Alquran di Manama, Bahrain, merupakan museum yang memelopori reservasi naskah-naskah Alquran dari zaman klasik atau era keemasan Islam hingga era modern kini.

Latar belakang pembangunannya bermula dari visi Pemerintah Bahrain yang hendak mendirikan sebuah lembaga penyimpanan sekaligus pameran naskah-naskah Alquran yang bernilai historis tinggi.

Keinginan ini lantas direspons seorang kolektor artefak-artefak langka, yakni Abdul Latif Jassim Kanoo. Sejak 1984, ren cana itu mulai terwujud. Begitu diresmikan pada 1990, sebagian besar isi Bait Alquran merupakan donasi dari koleksi pribadi Jassim Kanoo.

 

Selanjutnya, naskah-naskah Alquran dari abad pertama Hijriyah turut memperkaya. Mereka berasal mulai dari Cina sampai Andalusia atau Spanyol. Masingmasing menampilkan ciri khas seni kaligrafi yang anggun dan menyimpan identitas kebangsaan tersendiri. Kompleks edukatif ini terbuka untuk umum.

Bait Alquran telah diakui sebagai sa lah satu museum terbaik di seluruh dunia. Pujian demikian bukan hanya tentang kelengkapan koleksi dan fasilitasnya, melainkan juga arsitektur Bait Alquran ini.

sumber : Islam Digest Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement