Jumat 12 Jan 2018 21:00 WIB

Rahasia Jurus Kung Fu Muslim

Rep: c11/ Red: Agung Sasongko
Muslim Hui
Foto: muslimvoices.org
Muslim Hui

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Orang Hui telah melatih kung funya selama ratusan tahun. Seni bela diri Muslim tingkat tinggi biasanya rahasia. Mereka yang mempelajarinya sudah disiapkan untuk melindungi kalangan terdekatnya dari serangan kelompok luar. Beberapa jurus kung fu diajarkan sembungi-sembunyi. Seni bela diri Hui dipelajari sebagai sistem kung fu mereka sendiri.

Namun, seni bela diri Muslim tidak jauh beda dengan aliran kung fu yang lain. Ada jurus-jurus yang diajarkan pendeta Tao kepada orang Hui, seperti jurus gerakan cepat dengan aneka tendangan dan cara berkelit. Seni bela diri Muslim juga mempunyai jurus menggunakan senjata seperti yang dimiliki aliran kung fu lainnya.

Seperti para pendekar Shaolin dan perkumpulan pedang Wudang, pe mim pin Muslim Cina kebanyakan ber latih kung fu dalam disiplin keras. Pendekar kung fu Muslim keba nyak an mendasarkan latihannya pada pola doktrin dalam Islam. Misalnya, jurus yang terilhami bentuk huruf hijaiah. Beberapa jurus kung fu Muslim ternyata sudah sangat tua dan jarang ditemukan. Misalnya, Huihui Shiba Zhou hampir hilang keseluruhan

Kung fu Muslim, seperti halnya aliran kung fu lain yang bersifat rahasia, mulai dibuka sejak abad ke-20. Saat ini, beberapa jurus kung fu Muslim mulai populer secara internasional. Jurus kung fu yang ditemukan atau dikembangkan oleh Muslim Hui meliputi Tan Tui, Baji Quan, Zha quan, Qishiquan, Tantui, Pigua quan, dan Huihui Shiba Zhou.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement