Selasa 09 Jan 2018 06:46 WIB

Sejarah Dakwah Islam di Wales

Rep: mgrol98/berbagai sumber/ Red: Agung Sasongko
Muslim Wales
Foto: onislam
Muslim Wales

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wales adalah negara dengan mayoritas agama penduduknya adalah Kristen. Tetapi Islam juga termasuk agama yang terbesar setelah Kristen. Terbukti pada sensus tahun 2011, tercatat ada sekitar 46.000 Muslim tersebar di Wales.

Muslim menetap di Wales lebih dari satu abad yang lalu. Pertama melalui para pelaut dan lascars di berbagai dermaga di South Wales dan imigran India.

Muslim pertama di Wales adalah orang-orang yang mencari nafkah di dunia Kerajaan Inggris. Sebagian besar kembali ke negara asal mereka, tapi beberapa tidak, malah memilih untuk membuat kehidupan baru di luar negeri.

Sebagai pria lajang menikah dan keluarga mapan, kebutuhan untuk tempat ibadah menjadi lebih kuat diucapkan, sebagai tempat untuk menginstruksikan anak-anak mereka ke dalam iman mereka juga untuk berkumpul.

 

Sejak pertengahan abad ke-19, diketahui telah ada komunitas Islam Somalia dan Yaman di Cardiff  yang didirikan oleh pelaut di Cardiff Docks. Dan masjid pertama Wales dibangun di Cardiff pada tahun 1947.

Sampai saat ini, Wales sudah banyak memiliki masjid, sebagian besar berada di Cardiff, dengan tempat lain di Aberystwyth, Bangor, Barry, Haverfordwest, Lampeter, Neath, Newport, Port Talbot, Swansea dan Wrexham. Selian itu komunitas Islam semakin berkembang dan jumlahnya bertambah.

Salah satunya adalah New Muslim Network Wales didirikan pada akhir tahun 2001. Komunitas ini untuk memberikan dukungan dan saran untuk mengkonversi ke Islam dan keluarga non-Muslim mereka. Kelompok ini juga memberikan saran ke masjid dan organisasi Islam lainnya mengenai pekerjaan dakwah dan hubungan masyarakat.

Pada tahun 2003, Dewan Muslim Wales didirikan dengan afiliasi di Wales untuk mewakili komunitas Muslim di ranah publik.

Universitas pertama di Inggris yang akan diberikan oleh FOSIS (Federasi Mahasiswa Islamic Societies, UK & Éire) untuk fasilitas masjid terbaik di kampus adalah Universitas Welsh - Swansea, yang mendapat penghargaan pada tahun 2007.

Pada tahun 2006, kelompok pramuka pertama untuk umat Islam diluncurkan di Cardiff dengan lebih dari 100 anggota. Pada tahun 2008, rencana diumumkan untuk membangun Islamic Center di Carmarthen. Sebuah perguruan tinggi untuk melatih para ulama Muslim telah didirikan di Llanybydder di Carmarthenshire.

Sebuah data sensus pada 2015, populasi Muslim di Inggris dan Wales tumbuh 75% dalam 10 tahun. Lebih banyak anak dan lebih sedikit orang lanjut usia membantu populasi Muslim tumbuh lebih cepat daripada populasi secara keseluruhan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement