Wednesday, 20 Zulhijjah 1440 / 21 August 2019

Wednesday, 20 Zulhijjah 1440 / 21 August 2019

Kesederhanaan Muslim Fiji

Selasa 31 Oct 2017 17:19 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Agung Sasongko

Muslim di FIji

Muslim di FIji

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Levuka memiliki sejarah kaya dan penting yang terkait dengan Fiji. Muslim pertama yang tiba di negara tersebut, menetap di Levuka dan mendirikan masjid pertama di Waitovu di luar kota tua itu.

Imam masjid Waitovu, Mohammed Khan, mengatakan kepada Fijitimes,  tempat tersebut memiliki ikatan dan kepentingan khusus bagi umat Islam di pulau tersebut.

Saat itu, mereka tidak memiliki banyak bahan untuk membuat masjid yang layak, jadi mereka membuat tempat berlindung kecil dengan apapun yang bisa mereka gunakan. Kemudian, dengan dukungan dari anggota masyarakat lainnya, termasuk iTaukei dan orang Fiji yang datang dari India, mereka bisa membangun masjid di lokasi itu,

Dia mengatakan kelompok pemukim Muslim pertama ini memulai hidup mereka di rumah baru mereka, dengan bekerja di konstruksi jalan dan di Kota Levuka sebelum mereka pindah ke bagian lain pulau itu.

Tapi sekarang, Khan memimpin kesejahteraan dan pelayanan masjid di pulau itu, hanya dengan segelintir pengikut muslim.

“Saya suka melakukan pekerjaan saya yaitu melayani orang-orang di sini dan juga mempraktekkan firman Allah. Tidak mudah tapi saya telah diberi tanggungjawab dan saya melakukan yang terbaik, kata dia.

Menurut Khan, dibutuhkan perbaikan dan pemeliharaan untuk pembangunan kembali struktur masjidnya.”Masjid tersebut rusak berat karena Topan Tropis Winston tahun lalu. Karena terletak di dekat pantai, dampaknya jadi jauh lebih parah,” kata dia.

Hal terbaik yang terjadi setelah topan adalah, setiap orang datang untuk membantu kita membangun kembali masjid. “Kami masih memerlukan beberapa renovasi lagi untuk menyelesaikan pekerjaan kami meminta orang-orang untuk maju jika mereka ingin membantu kami, kami telah berhasil mendapatkan dinding semen baru dan juga melukis masjid,” kata dia,

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA