Jumat 13 Oct 2017 20:43 WIB

Jalur Diplomatik, Cara Islam Datang ke Jerman

Muslim Jerman
Muslim Jerman

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Islam datang ke Jerman melalui jalur diplomatik, militer, dan ekonomi antara Jerman dan Kekaisaran Ottoman pada abad ke-18. Jochen Blaschke dalam tulisannya yang berjudul "State Policies Towards Muslim Minorities. Sweden, Great Britain and Germany Muslims in German History until 1945" menjelaskan terdapat 20 tentara Muslim yang bertugas di bawah Frederick William I dari Prusia pada awal abad ke-18.

Pada 1745, Frederick II dari Prussia mendirikan unit Muslim di tentara Prusia yang disebut Riders Muslim. Riders Muslim terdiri atas Bosnia, Albania, dan Tatar. Pada 1760, korps Bosnia didirikan dengan jumlah anggota sekitar 1.000 orang.

 

Frederick dalam jurnalnya yang berjudul Islam and Muslims in Germany menyebutkan, pada 1798, kompleks pemakaman pertama Muslim didirikan di Berlin. Pemakaman ini masih ada hingga sekarang. Sebagai bagian dari Kongres Dunia Islam dan Islam Kolokium, Jerman juga mendirikan lembaga pendidikan Muslim pertama untuk anak-anak pada  1932.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement