Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Pancaran Kemegahan Chowmahalla

Kamis 21 Sep 2017 21:37 WIB

Red: Agung Sasongko

Istana Chowmahalla

Istana Chowmahalla

Foto: wikipedia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Megah dan mewah, itulah kesan yang ditonjolkan dari konsep bangunan istana milik Dinasti Nizam ini. Selain berfungsi sebagai tempat tinggal, tempat yang disebut dengan the Chowmahalla Palace ini digunakan untuk menerima para tamu undangan yang datang menemui Nizam ke Hyderabad. Mereka akan mendapat sambutan hangat dengan fasilitas mewah yang memanjakan. Untuk hal yang satu ini, Nizam memang terkenal royal menjamu tamunya.

Istana yang berbalut warna putih ini sekarang menjadi kediaman Barkat Ali Khan Mukarra Jah, ahli waris dari keturunan Nizams. Istana yang mendapat pelakat bergengsi UNESCO Asia Pasifik untuk konservasi warisan budaya ini didesain dengan bentuk memanjang sama rata.

Di sisi kiri dan kanannya terdapat pilar kotak tanpa jendela. Di tengah-tengah berdiri pilar melengkung tanpa pintu sebanyak tujuh dan antara satu dan yang lainnya berkaitan. Pilar-pilar inilah, selain sebagai penopang bangunan, tapi juga aksesori yang keindahannya dapat dilihat sebelum melihat eksotisme seluruh bagian interior istana. 

Istana Chomahalla dilengkapi dengan banguan penunjang yang didesain tak kelah indah dan megah, namun masih satu kesatuan dalam satu kompleks. Bangunan tersebut deberi nama sesuai dengan fungsinya dan kegunaannya.

Pancaran kemegahan Chowmahalla Palace yang dibangun Nizams pada 1750 ini sangat kental dan menonjol dengan keberadaan halaman selatan (southern courtyard) dan halaman utara (nouthern courtyard).   

Halaman selatan ini merupakan bangunan tertua dari kompleks istana yang pernah beberapa kali direstorasi setelah selesai dibangun pada 1857. Memiliki empat bangunan yang diberi nama Istana Afzal Mahal, Mahtab Mahal, Tahniyat Mahal, dan Aftab Mahal.

Dari beberapa istana tersebut, hanya Istana Aftab Mahal yang termegah di antara Afzal Mahal, Mahtab Mahal, dan Tahniyat Mahal. Istana Aftab dirancang dengan dua bangunan bertingkat yang tampilan mukanya bergaya Eropa.  

Letak bangunan Chowmahalla Palace ini memanjang dari Laad Bazaar di utara ke Jalan Aspan Chowk di selatan. Semula, luas tanah Chowmahalla 45 hektare, namun seiring dengan perkembangan waktu dan pertumbuhan populasi, akhirnya hanya tinggal 12 hektare.   

Chowmahalla disebut-sebut merupakan replika dari Istana Shah di Teheran, Iran. Di dalam ruangan gedung bagian selatan, ada beberapa aksesori elegan, namanya Grand Khilwat (Durbar Hall), air mancur, dan taman.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA