Rabu 15 May 2019 20:00 WIB

Bulan Suci Ramadhan, Momen Memperbanyak Sedekah

Saat Ramadhan, umat Islam dianjurkan memperbanyak sedekah

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Hasanul Rizqa
Pendiri Yayasan Islamic Course Ays-Syarif Jakarta, Ustaz Ahmad Farid Hasan
Foto: Republika
Pendiri Yayasan Islamic Course Ays-Syarif Jakarta, Ustaz Ahmad Farid Hasan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan Ramadhan hendaknya menjadi kesempatan bagi kaum Muslimin untuk memperbanyak amal saleh, termasuk bersedekah. Menurut Ustaz Achmad Farid Hasan, sedekah adalah ibadah yang dapat mendekatkan diri pengamalnya kepada ridha Ilahi.

"Kalau hanya doa belum tentu diterima oleh Allah, tapi kalau sedekah ikhlas dengan uang yang halal itu semua ulama sepakat pasti diterima (amal baik sedekahnya)," kata mubaligh perancang metode "30 Menit Bisa Baca Alquran" it saat berbincang dengan Republika.co.id beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Ia menjelaskan, sedekah memiliki keutamaan. Sebab, amalan ini termasuk ibadah sosial. Dalam arti, dapat meringankan beban orang-orang di sekitar yang sedang kesulitan. Bila pelaku sedekah ikhlas lillahi ta'ala, maka insya Allah dia akan memeroleh pahala dari-Nya.

Karena itu, tidak ada alasan untuk menunda bersedekah bagi kaum Muslimin yang sedang dikaruniai kelebihan rezeki kala Ramadhan. Apalagi, setiap amalan kebajikan yang dikerjakan pada bulan penuh berkah ini akan dilipatgandakan pahalanya. Demikian merujuk pada sabda Nabi SAW.

"Di bulan Ramadhan ini waktu yang tepat bagi umat untuk memberikan sedekah sebanyak-banyaknya," ujar Ustaz Achmad Farid.

"Allah menyukai orang yang sering bersedekah. Ibadah shalat dan haji untuk diri sendiri, tapi sedekah untuk membantu orang lain dan bisa membahagiakan orang lain yang sedang kekurangan," jelasnya.

Ia menyampaikan, Insya Allah doa-doa baik yang dipanjatkan bisa didorong oleh sedekah. Supaya doa-doanya segera dikabulkan oleh Allah. Maka sedekah yang banyak dan sesuai kemampuan sambil terus perbaiki akhlak di bulan suci Ramadhan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement