Selasa 11 Dec 2018 05:35 WIB

Majelis Malaikat

para malaikat itu mengelilingi orang-orang yang berzikir dengan sayap-sayap mereka.

Alquran dan Dzikir (ILustrasi)
Alquran dan Dzikir (ILustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Muhammad Arifin Ilham

Diceritakan dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah memiliki sekelompok malaikat yang berkeliling di jalan-jalan mencari orang-orang berzikir. Apabila mereka menemukan sekelompok orang berzikir kepada Allah, maka mereka saling memanggil, ‘Kemarilah kepada apa yang kamu semua hajatkan’”.

Lalu para malaikat itu mengelilingi orang-orang yang berzikir dengan sayap-sayap mereka hingga ke langit. Apabila orang itu telah berpisah (bubar dari majelis zikir), para malaikat pun melesat naik menuju langit.

Maka Allah pun bertanya kepada mereka (padahal Dialah yang lebih mengetahui perihal mereka). “Dari mana kalian semua?” Malaikat menjawab, “Kami datang dari sekelompok hamba-Mu di bumi. Mereka bertasbih, bertakbir, dan bertahlil kepada-Mu.”

 

“Apakah mereka pernah melihat-Ku?” tanya Allah. Langsung dijawab malaikat, “Tidak pernah!” “Seandainya mereka pernah melihat-Ku?” timpal Allah. Malaikat menyahut, “Andai mereka pernah melihat-Mu, niscaya mereka akan lebih meningkatkan ibadahnya kepada-Mu, lebih bersemangat memuji-Mu, dan lebih banyak bertasbih kepada-Mu.”

“Lalu apa yang mereka pinta pada-Ku?” tanya Allah lebih lanjut. “Mereka minta surga kepada-Mu,” jawab malaikat lagi. Allah pun kembali bertanya, “Apakah mereka pernah melihat surga?” Dijawab oleh malaikat, “Tidak pernah!” “Bagaimana kalau mereka pernah melihatnya?” timpal Allah. Malaikat pun kembali menjawab, “Andai mereka pernah melihatnya niscaya mereka akan bertambah semangat terhadapnya, lebih bergairah memintanya, dan semakin besar keinginan untuk memasukinya.”

“Dari hal apa mereka minta perlindungan?” sahut Allah lagi. “Dari api neraka!” jawab malaikat. Allah kembali bertanya, “Apa mereka pernah melihat neraka?” “Tidak pernah!” jawab malaikat. Allah bertanya lagi, “Bagaimana kalau mereka pernah melihat neraka?” “Kalau mereka pernah melihatnya niscaya mereka akan sekuat tenaga menghindarkan diri darinya,” sahut malaikat.

Pada akhir dialog, Allah berfirman, “Aku persaksikan kepadamu bahwasanya Aku telah mengampuni mereka.” Salah satu dari malaikat menyela, “Tapi, di situ ada seseorang yang tidak termasuk dalam kelompok mereka. Dia datang semata-mata karena ada satu keperluan, apakah mereka akan diampuni juga?”

“Mereka adalah satu kelompok di mana orang yang duduk bersama mereka tidak akan kecewa”. (HR Bukhari Muslim). Subhanallah, mulianya mereka yang berzikir. Dicari dan dikelilingi oleh para malaikat dan dilaporkan olehnya kepada Allah untuk kemudian Allah mengampuni dosa dan mengabulkan semua doa dan hajatnya. Wallahu A'lam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement