Senin 09 Oct 2017 13:33 WIB

Hukum Shalat di Masjid yang Memiliki Makam

Rep: A Syalaby Ichsan/ Red: Agung Sasongko
Pekerja sedang membersihkan pemakaman di kompleks Masjid Assalafiyah, Jatinegara Kaum, Jakarta, Rabu (23/4).
Foto: Republika/Karta Rahardja
Masjid Nabawi

Karena itu, Bahtsul Masail ber pendapat bahwasanya niat di dalam shalat yang ditujukan ke pada Allah SWT bukan kepada ahli kubur memegang peran pen ting sah tidaknya shalat. Di mana pun tempatnya, shalat tetap sah selama terpenuhi aturan syara.

Hadis yang berasal dari sahabat Jabir bin Abdullah yang diriwayatkan dari Imam Bukhari pun mengungkapkan, shalat di boleh kan untuk dikerjakan di mana pun karena bumi sudah dijadikan sebagai masjid yang suci. "... Aku diberi lima perkara yang tidak diberikan kepada salah seorang pun nabi sebelumku: Aku ditolong dengan perasaan takut (musuh) sejauh perjalanan satu bulan; dijadikan bagiku masjid itu (tempat sujud) dan suci, di mana orang dari kalangan umatku yang tiba waktu shalat maka hendaklah ia shalat (di tempat itu)...."

Hanya, hadis tersebut rupanya tidak berdiri sendiri. Ada hadis lain nya yang mengetengahkan larangan shalat di beberapa tempat tertentu. Termasuk kamar mandi dan kuburan. "Diriwayatkan dari Abu Said al-Khudri, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: Bumi itu seluruhnya adalah masjid (tem pat sujud) kecuali kamar mandi dan kuburan. (HR Ibn Hibban).

Majelis Tarjih PP Muham madi yah mengungkapkan, masjid adalah sebuah bangunan yang di dirikan khusus untuk beribadah kepada Allah, seperti iktikaf, zi kir, shalat, dan sebagainya. Sementara, kuburan adalah tempat untuk mengebumikan mayat ma nusia. Seharusnya dua tempat itu dipisahkan dan tidak dicampur kan. Menyatukan tempat ibadah dan kuburan pernah dilakukan umat Nasrani sehingga mendapat laknat dari Allah SWT.

"... Tatkala disampaikan ke pada Nabi SAW bahwa istri-istri beliau menyebut tentang gereja, kami melihat gereja di negeri Habasyah yang dinamakan Maria. Ummu Salamah dan Ummu Haibah pernah datang di negeri Habasyah, maka ia menyebut tentang kebagusannya dan gambargambar yang ada di dalamnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement