Rabu 24 Apr 2019 17:17 WIB

Islam di Ceska Promosikan Risalah Damai

i Islam sebagai salah satu agama resmi di negara itu.

Muslim Ceko
Foto: AP
Muslim Ceko

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Meski jumlahnya kecil, komunitas Muslim di Ceska menarik perhatian penduduk setempat. Hampir setiap hari masalah yang berhubungan dengan Muslim atau Islam muncul di media massa. Gejala Islamofobia bermunculan.

Fenomena ini menarik perhatian otoritas pemerintah yang mengakui Islam sebagai salah satu agama resmi di negara itu. Mereka mendukung program Muslims in the Eyes of Czech Schoolchildren. 

Baca Juga

Proyek promosi Islam di sekolah-sekolah, sebuah inisiatif dari kelompok advokasi Muslim setempat. Bahkan, melalui Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Praha, mereka menghibahkan sebagian dana untuk menyukseskan acara tersebut.

Sejumlah agenda yang menjadi titik fokus program ini, antara lain bedah buku ihwal berbagai isu agama dan keagamaan, sosial, politik, dan wacana-wacana kontemporer. Tak terkecuali Islamofobia.

Tahap selanjutnya, para siswa dan guru akan diperkenalkan tentang Islam dan Muslim yang lebih mendalam. Tahap terakhir, peserta akan diajak untuk aktif dalam kegiatan artistik dan diskusi. Dalam kegiatan artistik, peserta mendapat tugas pembuatan film kehidupan Muslim di negara yang terbentuk setelah bubarnya negara Cekoslowakia itu.

Maka, dengan adanya Muslims in the Eyes of Czech Schoolchildren, pemerintah diharapkan bisa memperbaiki citra Islam di mata masyarakat, khususnya, dan pada level dunia secara umum. Pemerintah menjamin informasi yang diberikan faktual dan akurat. Peserta diberi kesempatan untuk mengenal dan bertukar pendapat secara langsung dengan umat Islam Ceska.

sumber : Mozaik Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement