Rabu 13 Jun 2018 00:37 WIB

Lebaran di Makau

Shalat Idul fitri di Makau digelar sampai tiga gelombang.

Ustaz Khumaini Rosadi di Makau.
Foto: Dok. Ustaz Khumaini Rosadi
Ustaz Khumaini Rosadi di Makau.

REPUBLIKA.CO.ID,  Oleh: H. Khumaini Rosadi, SQ, M.Pd.I )*

Lebaran sebentar lagi Berpuasa sekeluarga
Sehari penuh yang sudah besar Setengah hari yang masih kecil
Alangkah asyik pergi ke masjid Shalat tarawih bersama-sama

Lebaran sebentar lagi Berpuasa dengan gembira
Menahan lapar menahan nafsu Melatih diri sedari kecil
Membaca Qur'an Shalat Tarawih Melatih iman sedari kecil

Sesudah saling bermaafan Dengan penuh keikhlasan
Ya Tuhan mohon keridhoan Sepenuh kasih dan sayang

Lebaran sebentar lagi Tak ada miskin tak ada kaya
Semua sama di depan Tuhan Yang berbeda cuma amalnya
Semua ingin Lailatul Qadar Semoga kita mendapatkannya

Inilah lirik lagu selamat Hari Lebaran yang dipopulerkan oleh Bimbo di era tahun 80-an. Biasanya lagu ini  sering diputar dalam kategori lagu-lagu bertemakan Lebaran di Indonesia. Kini sudah banyak lagu Lebaran yang rilis. Pada tahun 50-an sudah ada juga lagu bertemakan lebaran yang diciptakan oleh Ismail Marzuki.

Liriknya yang terdengar sederhana, mudah diingat, sehingga lagu ini banyak dicover ulang oleh penyanyi-penyanyi Indonesia seperti Afgan, Gigi, Andien, dan Giring Nidji.
Lebaran di Makau sudah ditetapkan oleh KJRI di Hongkong jatuh pada hari Jumat, tanggal 15 Juni 2018.

Durasi waktu Hongkong dan Makau bersamaan. Masih satu garis waktu yang dipisahkan dengan lautan. Baik dari Makau mau ke Hong Kong atau sebaliknya, dari Hong Kong ke Makau, maka harus menyeberang dengan menggunakan kapal cepat atau turbo jet berkapasitas 243 penumpang yang beroperasi 24 jam sehari.

photo
Infografis Zakat Fitrah

Umat Islam di Makau sama seperti di Indonesia. Ikut pengumuman yang diumumkan secara Hilal oleh Islam Union (Yang mengurusi tentang keislaman di Hong Kong dan Makau). Islam union adalah organisasi gabungan orang-orang Islam dari berbagai Negara, Pakistan, Turki, Bangladesh, Nepal, Philipina, dan Indonesia. Islam Union periode ini dipimpin oleh H. Muhaimin asal Indonesia.

Berarti tinggal dua hari sudah lebaran. Ini hari yang menyenangkan. Semua orang pasti bergembira dan saling maaf memaafkan. Makau akan diramaikan oleh lima ribu lebih BMI yang siap membuka tangan dan hatinya untuk bermaafan. Sementara di Hongkong lebih meriah lagi, akan diramaikan oleh 170 ribu BMI yang ikut bergembira pada tanggal 1 Syawal 1439 H. ini.

Mulai besok saya akan kembali ke Hong Kong untuk melaksanakan tugas khutbah Idul Fitri di Tuenmuen dan Ustaz Zulfirman bin Ramlan yang akan menjadi imam Shalatnya. Karena di Makau pelaksanaan shalat Idul Fitri dipusatkan di Masjid Mouluyuen, imam dan khotibnya adalah orang Pakistan.

Shalat idul fitri di Hong Kong dilaksanakan di berbagai tempat-tempat terbuka dan lapangan atau taman. Sedangkan di Makau tidak boleh melakukan shalat di tempat umum, semua disatukan dalam masjid. Meskipun masjid kecil mungil, tapi shalat Idul Fitri, sudah terbiasa di sini shalat ‘id dilakukan sampai 3 kali gelombang.

Lebaran memang merupakan hari bahagia untuk semuanya. Terutama untuk yang berpuasa. Karena dalam hadits nabi disebutkan: orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan. Bahagia yang pertama di saat dia berbuka, seperti hari idul Fitri ini. Dan kedua ketika nanti bertemu dengan Allah SWT. Amin.

)* Corps Dai Ambassador Dompet Dhuafa (CORDOFA), ), Tim Inti Dai Internasional dan Multimedia Jam’iyyah Ahlith Thariqah al-Mu’tabarah an-Nahdliyyah (TIDIM JATMAN)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement