Selasa 01 May 2018 10:38 WIB

Forum Kaligrafi Arab Digelar di Madinah

Delapan kaligrafer perempuan dari Saudi juga akan mengambil bagian dalam forum itu.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Andi Nur Aminah
Khat Tsuluts, salah satu aliran dalam kaligrafi.
Foto: Blogspot.com
Khat Tsuluts, salah satu aliran dalam kaligrafi.

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Forum Kaligrafi Arab digelar di Madinah, Arab Saudi, mulai Selasa (1/5). Di bawah perlindungan Gubernur Madinah Pangeran Faisal bin Salman, forum kaligrafi ke-14 tersebut akan mempertemukan sekelompok elit dari 50 kaligrafer dan seniman dari Arab Saudi, Kuwait, Irak, Yaman, Suriah, Mesir, Tunisia dan Turki.

Dilansir Arab News, Selasa (1/5), selama pekan pertama, forum yang digelar di Hotel Pullman Zamzam itu akan menyelenggarakan lokakarya, kegiatan dan ceramah. Kegiatan ditujukan untuk kedua gender dengan penekanan pada vitalitas kaligrafi Arab dan prospek seni huruf Arab. Selain itu, kaligrafer profesional akan berbagi pengalaman personal mereka pada forum tersebut.

Tidak hanya itu, akan ada sesi penulisan partisipatif untuk mengenalkan peserta dengan detail surat diseksi, teknik yang membantu dalam menyusun karya seni, dan nilai serta variabel dalam seni kaligrafi. Selain itu, forum juga akan menyoroti isu-isu seni kontemporer.

Delapan kaligrafer perempuan dari Saudi juga akan mengambil bagian dalam forum tersebut. Di sela-sela forum, pameran kaligrafi akan turut meramaikan acara. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan minat dalam kaligrafi Arab di kalangan pemuda dan untuk menghormati para kaligrafer yang telah memberikan kontribusi luar biasa di bidang ini. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement